Tips Cara Memperbaiki Radiator Mobil Yang Bocor

Kali ini akan memberi ulasan Cara Memperbaiki Radiator Mobil Yang Bocor. Penyebab kebocoran ini bisa dikarenakan sudah berusia tua atau disebabkan oleh tertabrak benda keras. Untuk bisa memperbaikinya, kita harus mengenal terlebih dahulu jenis atau tipe radiator yang mobil Anda miliki. Di pasaran, ada dua jenis tipe radiator, yaitu tipe aluminum berbahan plastik pada upper tank dan lower tank. Untuk jenis atau tipe kedua, keseluruhannya berbahan logam baik upper maupun lower tank.

Bagian radiator mobil termasuk komponen yang penting untuk mendinginkan cairan yang sudah panas berasal dari mesin menjadi dingin. Dengan demikian mesin akan tetap pada suhu normal dan bisa tetap berfungsi dengan normal juga. Mesin mobil pun tetap terjaga dan terpelihara sehingga tak mudah rusak.

cara memperbaiki radiator mobil yang bocor

Cara Memperbaiki Radiator Mobil

Begini cara memperbaiki radiator mobil yang bocor. Namun, sebelumnya perlu mengetahui bagian-bagiannya.

Advertisement
  1. Upper tank

Bagian ini adalah tangki yang terletak di atas radiator. Pada bagian upper tank memiliki lubang untuk selang radiator yang fungsinya untuk mengalirkan air bersuhu panas yang berasal dari mesin. Pada bagian upper tank terdapat penutup radiator. Penutup radiator ini biasanya diletakkan di tabung reservoir seperti pada mobil fortuner atau mobil-mobil Eropa.

  1. Saluran pembuangan panas

Saluran berukuran kecil yang memiliki fungsi untuk melepas panas air radiator yang berasal dari hembusan angin dari kipas radiator.

  1. Lower tank

Lower tank terletak di bagian bawah radiator. Pada lower tank ini terdapat lubang untuk menyalur air menuju ke mesin setelah air didinginkan oleh radiator. Di bagian lower tank ini, ada lubang saluran pembuangan air radiator.

Bagaimana Cara Memperbaiki Radiator Mobil yang bocor

Setelah mengetahui bagian-bagian penting radiator, selanjutnya kita perlu mengetahui cara memperbaiki radiator yang bocor. Perlu diketahui jenis atau tipe radiator yang digunakan oleh mobil Anda. Apakah memakai aluminium atau berbahan logam. Bila sudah diketahui tipenya, tinggal memeriksa tingkat kebocorannya.

Bila kebocorannya berskala kecil atau Cuma reta sedikit yang terjadi pada sambunga upper tank dengan radiator, cukup ditutup dengan memakai lem Araldite. Bisa pula mengganti upper tank dengan modifikasi uppert tank yang berbahan logam. Nah, untuk penggantian ini, harus ke tempat service radiator. Bila tingkat kerusakan radiator parah, misal sirip pendingin rusak dan banyak lubang bocor tentu harus dibawa ke service radiator.

Artikel Terkait

Tips Cara Memperbaiki Radiator Mobil Yang Bocor | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5