Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Mati

Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Mati – Seiring perkembangan zaman memang semakin banyak jenis kendaraan yang bermunculan, baik dari motor maupun mobil. Saat menggunakan kendaraan pribadi memang memiliki banyak keuntungan, tetapi tidak bisa juga mengelak dari berbagai masalah yang kapan saja dapat dialami oleh kendaraan yang anda tunggangi. Salah satu masalah pelik yang sering dialami yaitu aki motor atau mobil kering bahkan mati yang pastinya membuat kendaraan tidak mau untuk hidup. Jika hal tersebut yang sering anda alami maka sebaiknya simak ulasan cara memperbaiki aki kering yang mati secara lengkap di bawah ini.

Penyebab kerusakan pada aki kering

Anda pastinya paham jika aki menjadi bagian penting dalam sebuah kendaraan. Mungkin sekarang anda sudah tidak sabar untuk segera mengetahui cara memperbaiki aki kering yang mati, namun sebelum itu sebaiknya anda juga harus mengetahui penyebab yang bisa membuat aki kering mati agar dapat mengambil langkah tepat saat hal tersebut terjadi. Aki kering yang mati umumnya disebabkan kurangnya perawatan yang benar sehingga aki mengalami banyak masalah. Mesin yang sudah lama tidak dihidupkan baik motor atau mobil juga bisa membuat aki mati dikarenakan suplay pengisiannya yang kurang maksimal. Kebersihan aki yang kurang dijaga dan kurang pahamnya akan penjagaan aki menjadi masalah utama aki kering sering mati.

Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Mati

Langkah-langkah memperbaiki aki kering mati

Advertisement

Setelah anda mengetahui penyebab aki kendaraan anda mati maka seharusnya mulai saat ini menjaganya dengan baik agar masalah aki mati dapat dihindari. Namun ketika hal tersebut telah terjadi maka sebaiknya segera praktekkan cara memperbaiki aki kering yang mati berikut ini. Tahap perbaikan aki kering mati pertama yakni menyiapkan dan membersihkan aki kering yang mati, gunakan air hangat yang akan memudahkan mengangkat kotoran pada bodi aki sendiri. Langkah kedua buka penutup bagian atas dengan obeng minus dan usahakan tidak ada bagian yang sobek yang bisa membahayakan kendaraan dan anda.

Jika anda sudah melewati beberapa tahapan pertama tadi maka saatnya anda membuka tutupnya. Ketika telah terbuka maka anda akan menemukan tutup kecil yang terbuat dari karet, jika ukuran aki besar maka tutup tersebut akan cukup banyak. Cara memperbaiki aki kering yang mati selanjutnya masukkan air zuur dalam suntikan, kemudian mulai suntikan dalam lubang secara hati-hati yang bisa anda kira-kira dalamnya hanya 1cm saja. Tutup kembali lubang tadi dengan rapat jangan sampai bocor, dilanjutkan menutup body seperti semula dan pastikan rapat agar indikasi kebocoran tidak akan terjadi. Apabila setelah pembukaan tadi menjadi longgar anda bisa merekatkannya dengan bantuan lem tembak.

Setelah melalui berbagai tahapan salam cara memperbaiki aki kering yang mati maka sekarang anda mulai charger aki untuk mengisi tegangan inject awal. Anda bisa menyambungkan pada motor atau mobil yang telah menyala agar lebih praktis. Jika tegangan telah dirasa penuh maka saatnya memasang pada motor atau mobil kemudian cek dengan menyalakan mesinnya. Jika mesin hidup maka biarkan aki kering pada posisi putaran langsam sekitar 15 menit sebagai langkah penyesuaian tegangan aki agar stabil.

Melihat ulasan di atas pastinya anda tidak sangka jika memperbaiki aki kering motor atau mobil yang mati cukuplah sederhana. Ketika anda memiliki kendaraan memang sebaiknya memiliki pengetahuan yang cukup untuk masalah mesin dan lainnya meskipun tidak mahir bak montir. Salah satunya anda mengetahui cara memperbaiki aki kering yang mati maka tentunya ketika masalah ini muncul anda tidak akan panik.

Cara memperbaiki aki kering yang mati cukuplah sederhana hanya dengan melakukan beberapa tahapan maka aki kering yang mati bisa hidup kembali

Artikel Terkait

Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Mati | Neng Gina Nurhidayati | 4.5