Tips Agar Aman Saat Touring Motor Jarak Jauh

Tips Agar Aman Saat Touring Motor Jarak Jauh – Berkendara dengan sepeda motor sudah dipastikan akan merasakan sensasi capek. Apalagi jika berkendara jarak jauh. Menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh juga membutuhkan kewaspadaan yang tinggi dan keseimbangan. Pengendara sepeda motor atau touring jarak jauh harus berhati-hati saat berada di jalan raya. Oleh karena itu, pengendara harus mengerti tentang tips-tips agar aman saat touring motor jarak jauh.

Touring atau melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor sering menjadi pilihan dengan alasan lebih irit dan santai. Berkendara sepeda motor umumnya banyak dipilih oleh pemudik pada saat akan pulang kampung. Namun faktor berhati-hati harus menjadi yang utama agar aman hingga tempat tujuan.

Tips agar aman saat touring motor jarak jauh

Tips Agar Aman Saat Touring Motor

Berikut ini tips agar aman saat touring motor jarak jauh.

  1. Persiapan fisik dan stamina.

Sebelum melakukan touring harus mempersiapkan fisik dan stamina yang harus benar-benar prima. Kesehatan adalah syarat utama saat melakukan touring. Jika dibutuhkan dapat mengkonsumsi suplemen dan vitamin sebelum touring untuk menjaga kesehatan serta stamina.

Advertisement
  1. Persiapan sepeda motor.

Sepeda motor yang prima mutlak harus dipersiapkan dengan baik. Jika ingin melakukan perjalanan jarak jauh sebaiknya memeriksa kondisi motor ke bengkel terlebih dahulu. Pastikan kondisi mesin, oli, lampu, karburator, ban dan rem berfungsi dengan baik. Kondisi motor harus benar-benar prima dan mendukung untuk perjalanan jauh.

  1. Pakaian yang digunakan.

Persiapkan pakaian yang akan digunakan untuk melakukan touring jarak jauh. Pakai baju yang tidak terlalu ketat agar dapat bergerak dengan leluasa. Baju yang tebal dan berlengan panjang atau gunakan jaket untuk melindungi tubuh dari angin. Gunakan masker untuk melindungi pernapasan dari debu. Memakai pelindung leher disarankan untuk melindungi leher dari debu sehingga leher tetap terjaga kebersihannya dan mencegah rasa dingin.

  1. Perlengkapan yang dipakai.

Agar perjalanan aman dan nyaman gunakan perlengkapan bersepeda motor yang lengkap. Gunakan helm dengan standar SNI, pakai sepatu yang tebal seperti boots, pakai sarung tangan, pakai kacamata pelidung matahari atau sun glasses dan pelindung kaki atau siku.

  1. Persiapan mental.

Persiapkan mental dengan baik sebelum berangkat melakukan touring perjalanan jarak jauh. Berkendara di jalan raya harus meningkatkan kewaspadaan, bersabar, berani dan siap. Jika mengantuk tidak boleh nekat meneruskan perjalanan dan harus segera beristirahat. Lakukan peregangan otot-otot badan, tangan dan kaki agar tidak kaku.

  1. Posisi tubuh saat berkendara.

Pastikan agar posisi tubuh saat berkendara dilakukan dengan benar dan nyaman agar tidak terlalu capek.

Demikian Tips Agar Aman Saat Touring Motor jarak jauh yang harus diperhatikan oleh pengendara sepeda motor. Berkendara dengan aman dapat menjaga keselamatan dan badan tetap bugar

Artikel Terkait

Tips Agar Aman Saat Touring Motor Jarak Jauh | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5