Penyebab Kopling Motor Keras Yang Wajib Anda Ketahui

Penyebab Kopling Motor Keras Yang Wajib Anda Ketahui – Jenis motor yang beredar di Indonesia saat ini sangat beragam mulai dari motor 4 tak dan 2 tak. Kali ini artikel akan membahas mengenai kampas koling yang sangat berperan penting dalam transmisi. Pernahkah Anda mengalami selip kopling dan kerasnya perpindahan gigi? Ada beberapa yang menjadi Penyebab Kopling Motor Keras yang harus Anda kenali. Tanda-tanda ada masalah dalam kampas kopling biasanya pengendara akan merasa ada jeda saat proses pemindahan dari satu percepatan ke percepatan berikutnya. Lalu apa saja yang menjadi Penyebab Kopling Motor Keras?

Berikut ini beberapa Penyebab Kopling Motor Keras yang bsia Anda cermati:

Beban Terlalu Berat

Penyebab pertama jika kopling motor keras adalah beban pada motor terlalu berat. Penyebab Kopling Motor Keras ini sering terjadi jika dalam kesehariannya motor digunakan untuk membawa beban berat. Untuk membuat tidak terjadi slip kopling atau keras, bisa dengan memindahkan penekanan plat kopling di cluth cover dibuat lebih keras sehingga kopling tidak selip dan keras.

Penyebab Kopling Motor Keras

Jarak Tekan Terlalu Panjang

Banyak pengemudi motor tidak menyadari bahwa setelan kopling yang terlalu stut membuat free palay menjadi kecil. Cara untuk menghilangkan Penyebab Kopling Motor Keras ini bisa dengan memperbaiki setelan kopling jangan terlalu stut atau panjang.

Cluth Cover Sudah Tidak Berfungsi

Advertisement

Penyebab Kopling Motor Keras selanjutnya adalah cluth cover sudah tidak berfungsi dengan baik. Biasanya tanda awal kerusakan pada cluth cover adalah timbulnya suara kasar saat memindah transmisi, jika tidak mendapat penanganan maka perpindahan kopling bisa selip dan bertambah keras.

Setelan Kopling di Handle dan Bak Mesin Kurang Pas

Terjadinya rasa keras pada perpindahan transmisi dikarenakan setelan kopling di handle dan bak mesin kurang baik. Memang Penyebab Kopling Motor Keras yang satu ini terbilang sering terjadi. Penanganannya segera bawa ke bengkel untuk menuntaskan masalahnya.

Kabel Kopling Berkarat atau Kotor

Permasalahan seputar kopling motor terasa keras adalah kondisi kabel kopling mengalami kerusakan seperti berkarat, kotor karena terkena debu atau air. Untuk memecahkan Penyebab Kopling Motor Keras tersebut rutin-rutinlah mengecek dan sesekali mengganti kabel kopling.

Bahan Kabel Kopling Terlalu Kaku

Bahan pembuat kabel kopling terkadang terasa kaku sehingga membuat perpindahan kopling terasa berat. Jika memungkinkan gantilah secara berkala dan jangan lupa untuk selalu mengecek sesering mungkin.

Kampas Kopling Terlalu Tipis

Semakin lama kondisi kampas kopling bertambah aus atau tipis, jika tidak mendapat penanganan maka bisa menjadi Penyebab Kopling Motor Keras.

Oli Mesi Terlalu Kental

Jika kondisi oli terlalu kental bisa jadi penyebab masalah dari kopling motor. Pemilihan oli mesin harus diperhatikan dengan detail.

Itulah tadi beberapa Penyebab Kopling Motor Keras yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat.

TAG

penyebab kopling keras pada motor,penyebab kopling motor tidak berfungsi,kopling motor keras,penyebab kopling motor keras,kopling satria fu keras,penyebab kopling satria fu keras,cara meringankan kopling motor,kabel kopling satria fu keras,kenapa kopling motor keras,kopling vixion berat

Artikel Terkait

Penyebab Kopling Motor Keras Yang Wajib Anda Ketahui | Rico TP | 4.5