Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih

Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih – Knalpot motor yang berasap ketika sedang distarter atau dipanaskan dapat membuat risau. Terkadang timbul pertanyaan, apakah ada permasalahan pada motor sehingga motor menjadi berasap. Umumnya knalpot motor yang mengeluarkan asap adalah motor berusia 5 tahun ke atas. Namun jika motor memiliki kualitas yang kurang baik sebenarnya juga dapat mengeluarkan asap saat distarter atau dipanaskan. Untuk mengetahui permasalahannya harus diketahui penyebab knalpot motor mengeluarkan asap.

Penyebab utama dari knalpot yang mengeluarkan asap saat distarter atau dipanaskan yaitu rembesan oli mesin memasuki ruang pembakaran. Kemudian saat proses pembakaran mesin dan oli mesin tersebut ikut terbakar menghasilkan asap putih yang keluar dari knalpot.

penyebab knalpot otor mengeluarkan asap putihPenyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap

Berikut ini adalah beberapa penyebab knalpot motor mengeluarkan asap.

Advertisement
  1. Faktor knalpot.

Knalpot yang bocor atau rusak dapat menjadi penyebab keluarnya asap putih saat distarter atau dipanaskan. Untuk memastikan apakah benar knalpot yang bermasalah maka knalpot dapat dilepas terlebih dahulu kemudian lakukan starter. Apabila setelah knalpot dilepas tidak mengeluarkan asap berarti knalpot yang bermasalah. Namun jika knalpot telah dilepas dan masih mengeluarkan asap maka berarti ada masalah pada mesin atau kendaraan.

  1. Faktor piston.

Piston yang oblak atau keausan ring piston dapat menyebabkan knalpot mengeluarkan asap. Piston yang oblak disebabkan dari keausan silinder sehingga terjadi penurunan daya cengkeram ring oli dan oli mesin tidak dapat dibersihkan dari dinding silinder secara maksimal. Ring piston yang aus dapat menyebabkan oli mesin merembes dan pelemahan kompresi. Piton oblak dan aus ini dapat menjadi penyebab knalpot mengeluarkan asap.

  1. Faktor pengisian oli.

Terkadang pemilik kendaraan menambahkan volume oli mesin atau oli pelumas dengan maksud agar gesekan antar komponen pada mesin dapat lebih lancar. Namun hal ini justru oli yang berlebihan rentan merembes ke ruang bahan bakar. Apalagi jika dalam kondisi mesin yang panas sehingga oli menjadi encer. Oli yang merembes ke ruang bahan bakar dapat menjadi penyebab knalpot mengeluarkan asap.

  1. Faktor klep.

Klep berfungsi untuk mengendalikan pemasukan dan pembuangan gas pada ruang bahan bakar. Kondisi ini umumnya terjadi pada kendaraan yang telah berusia 7 tahun ke atas. Jika klep mengalami kerusakan dan tidak berfungsi sempurna maka oli mesin dapat merembes ke ruang bahan bakar dan menyebabkan knalpot berasap.

Demikian beberapa Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih yang harus diwaspadai oleh pemilik kendaraan. Ketahui terlebih dahulu penyebabnya dan baru perbaikan komponen kendaraan dapat diperbaiki.

Artikel Terkait

Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5