Penyebab Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

Penyebab Kaca Mobil Berembun Saat Hujan – Berkendara di jalan menggunakan mobil merupakan anugerah tersendiri terutama di musim penghujan. Penumpang mobil otomatis tidak perlu berbasah-basah ria di jalanan yang sedang hujan. Namun ada kalanya terdapat kekhawatiran terutama jika kaca mobil berembun di saat hujan karena dapat menghalangi pandangan. Sebenarnya, apa penyebab kaca mobil berembun di saat musim hujan?

Kaca mobil yang berembun di saat hujan harus diatasi apalagi jika terjadi dalam perjalanan. Halangan pandangan dari kaca berembun dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Saat kaca mobil berembun maka pengemudi harus ekstra berhati-hati ketika mengendarai mobil.

penyebab kaca mobil berembunPenyebab Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

Berikut adalah beberapa penyebab kaca mobil berembun di saat hujan.

  1. Perbedaan suhu di dalam dan di luar mobil.

Perbedaan suhu yang ada di dalam dan di luar mobil dapat menjadi penyebab utama kaca mobil berembun terutama di saat hujan. Padahal ketika di pagi hari atau pada cuaca yang dingin sebenarnya kaca mobil juga berembun. Apalagi di saat hujan deras maka pengembunan di kaca mobil akan terjadi. Untuk mengatasi kondisi kaca berembun saat hujan dapat menyalakan ac mobil.

Advertisement
  1. AC mobil tidak dapat berfungsi dengan baik.

AC mobil yang tidak berfungsi baik sudah pasti tidak dapat menyamakan suhu di dalam dengan di luar mobil. Alhasil kaca mobil akan berembun. Apalagi jika kaca mobil tertutup dengan rapat. Untuk mengatasi di saat kondisi ini yaitu buka sedikit kaca mobil agar ada sirkulasi udara.

  1. Kaca mobil kurang bersih atau berkualitas kurang bagus.

Kaca mobil yang kurang bersih misalnya terdapat jamur dapat menyebabkan kaca mobil berembun di saat hujan. Sebaiknya bersihkan kaca mobil dengan baik dan jika ditumbuhi jamur harus dihilangkan agar tidak beresiko kaca mengembun saat hujan. Untuk mengatasi hal ini maka kaca mobil harus dibersihkan. Jika dalam kondisi darurat, kaca mobil dapat dibersihkan menggunakan shampoo rambut. Kandungan kimia pada cairan dari shampoo rambut dapat mengusir embun yang menempel pada kaca.

  1. Karet kaca yang aus.

Karet kaca yang mengalami keausan, kerusakan atau putus dapat menjadi penyebab dari kaca mobil berembun. Air hujan dapat menembus masuk ke dalam mobil jika karet kaca tidak berfungsi dengan baik. Padahal karet pada kaca berfungsi untuk menahan air hujan masuk ke mobil apalagi saat hujan sangat deras. Untuk mengatasi kondisi ini maka karet kaca harus segera diperbaiki atau diganti.

Demikian beberapa Penyebab Kaca Mobil Berembun Saat Hujan. Kaca mobil yang berembun dapat menghalangi pandangan dan membahayakan keselamatan diri maupun orang lain. Segera ketahui penyebab kaca mobil yang berembun dan diperbaiki permasalahannya.

TAG

penyebab kaca mobil berembun saat hujan

Artikel Terkait

Penyebab Kaca Mobil Berembun Saat Hujan | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5