Penyebab Busi Mobil Cepat Mati dan Solusinya

Ada beberapa penyebab busi mobil cepat mati, antara lain: ruang mesin basah karena oli, konsleting di jalur pengapian, hisapan bensin atau bahan bakar terlalu berlebihan. Padahal busi termasuk bagian penting dari mobil atau motor karena dari komponen berukuran kecil inilah mesin bisa dihidupkan. Busi itu sendiri adalah sistem pengapian yang terdapat di dalam kendaraan bermotor.

Busi sudah mati, padahal baru saja diganti. Kejadian ini kadang dialami oleh setiap pemilik kendaraan. Tentu lebih menjengkelkan lagi saat kendaraan sedang berada di jalan yang jauh dari bengkel. Penggantian busi hanya bisa dilakukan di bengkel, sedangkan bengkel itu sendiri tak begitu banyak dijumpai di sepanjang jalan. Busi itu sendiri memiliki tipe-tipe yang berbeda. Terkadang sangat susah dicari.

penyebab busi mobil cepat matiPenyebab Busi Mobil Cepat Mati

Kita perlu mengetahui penyebab busi mobil cepat mati, walau busi tersebut baru saja diganti. Itulah mengapa kita perlu mengetahui penyebabnya secara rinci. Apa sajakah penyababnya?

Advertisement
  1. Ruang mesin basah dipenuhi oli

Seringkali ditemukan busi cepat mati disebabkan oleh ruang mesin yang basah dipenuhi oli. Persoalan ini terjadi karena stang leher atau ring seher sudah terlampau lawas dan mengalami keausan. Sebab lainnya, silinder mengalami keausan akibat oli masuk dan membasahi mesin yang pada akhirnya busi tak mampu lagi memantikan percikan api.

  1. Terjadi korsleting di jalur pengapian

Adanya korleting di jalur pengapian juga ditandai dengan keluarnya asap yang berlebihan melalui knalpot. Asap berlebih ini juga terjadi karena ruang mesin lembab dan banyak mengandung partikel-partikel kotoran. Solusinya, bersihkan mesin mobil secara berkala.

Jalur pengapian yang alami korsleting mengakibatkan busi cepat mati. Dampak buruk selanjutnya, mesin mudah ngadat dan bisa menjalar ke bagian kol di bagian pengapian. Bagian CDI dan spul juga lebih mudah cepat mati. Solusinya, cek bagian pengapian, bila ada kabel-kabel yang bermasalah dan beresiko menimbulkan korsleting, segera saja langsung diperbaiki.

  1. Hisapan bensin atau bahan bakar terlalu berlebihan

Hisapan bahan bakar berlebih juga membuat banjir karburator yang membuat mesin lembab dan menumpuknya kotoran. kotoran ini bisa mengakibatkan korsleting sehingga busi mudah mati. Solusinya, atasi dengan service karburator rutin.

Dengan mengetahui penyebab busi mobil cepat mati di atas, diharapkan si pemiliki kendaraan langsung bisa mengantisipasinya segera. Pengecekan secara berkala memang sangat diperlukan. Terutama pada saat akan berkendara ke tempat jauh yang harus melalui jalan-jalan sepi dan jauh dari bengkel.

TAG

penyebab busi mobil cepat mati,Apa sebabnya busi mobil cepat mati,busi mobil cepat mati,busi mobil cepat mati dan cara mengatasinya,busi mobil gampang mati,busi mobil mudah mati,penyebab busi mobil sering mati,penyebab busi mobilcepatmati

Artikel Terkait

Penyebab Busi Mobil Cepat Mati dan Solusinya | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5