Keunggulan dan Kelemahan Nissan Grand Livina Terbaru

Keunggulan dan Kelemahan Nissan Grand Livina Terbaru – Lika-liku akan hadirnya mobil keluarga atau MPV (Multi-Purpose Vehicle) menarik untuk dibahas. Oleh karena jenis mobil ini salah satu yang terpopuler. Salah satunya adalah milik Nissan, yaitu Grand Livina. Apa saja keunggulan dan kelemahan Nissan Grand Livina?

Mobil Nissan Grand Livina

Grand Livina pertama kali dikenalkan pada tahun 2007 dengan Nissan Livina X-Gear. Semenjak itu selalu ada peningkatan tampilan yang dilakukan (facelift). Versi facelift-nya punya varian yang sama dengan tipe sebelumnya tapi ditambahkan tipe lain seperti HWS CVT Autech dan HWS CVT yang bermesin 1.5 liter.

keunggulan-dan-kelemahan-nissan-grand-livina

Di sini akan dibahas mengenai keunggulan dan kelemahan Nissan Grand Livina yang mengalami major facelift pada 2013.

Eksterior

Desain luar cukup manis dengan adanya body yang panjang tapi tipis. Dimensi mobil ini lumayan proporsional untuk mobil low MPV. Pengerak roda depannya nyaman seperti sedan. Pada bagian depannya terdapat headlamp halogen runcing yang memanjang ke belakang.

Major facelift dilakukan tahun 2013. Pihak Nissan telah mengonfirmasi bahwa pada sekitar tahun 2017 atau 2018 model keluarga Livina akan diganti. Perubahan signifikan pada versi major facelift ini adalah terlihat dari lebih runcingnya bentuk lampu sementara model dari bumpernya lebih sporty.

Interior

Advertisement

interior-nissan-grand-livina-facelift

Pada bagian kabin terlihat interior yang berkualitas. Tidak sama dengan mobil low MPV lainnya yang umumnya terkesan murahan. Pada dashboard terdapat tombol konsol yang mudah dioperasikan. Jika jaraknya tidak terlalu jauh maka bisa dibaca.

Setirnya menggunakan model 3 spoke yang sama dengan Nissan X-Trail T31. Pada model facelift hanya ada sedikit perbedaan pada skema warnanya. Karena menggunakan two tone. Ruang kabinnya cukup untuk 7 orang. Namun pada bagian paling belakang akan lebih efisien jika hanya diisi oleh anak-anak karena sempitnya ruangan.

Mesin

Pada versi facelift, besar torsinya sama dengan model terdahulu, yaitu 148 NM pada 4400 RPM. Namun bisa menghemat BBM karena memiliki Twin VTC. Ada dua kapasitas mesin, yaitu 1,5 liter konfigurasi 4 silinder dengan 16 katup dan 1.8 liter khusus pada major facelift.

Secara singkat keunggulan-keunggulan mobil ini antara lain, lapisan body-nya tebal, BBM irit, minim gejala limbung, handling mantap, transmisi manualnya 6 percepatan, cukup lembutnya perpindahan transmisi, kualitas material interior sangat bagus, akselerasi lumayan baik, bantingan suspensinya empuk, dan kabin lega.

Sementara kekurangannya antara lain, engine brake-nya kurang bagus, tidak memiliki varian diesel, rendahnya ground clearance, kurang bagusnya engine brake, belum maksimalnya peredaman kabin, kabin pada baris ketiga sempit, dan bonnet di bagian depannya tidak terlihat.

Itulah apa saja yang menjadi keunggulan dan kelemahan Nissan Grand Livina yang sudah mengalami major facelift.

Artikel Terkait

Keunggulan dan Kelemahan Nissan Grand Livina Terbaru | Khisma Nisa Yuniar | 4.5