Kelebihan dan Kelemahan Mobil Daihatsu Ayla

Kelebihan dan Kelemahan Mobil Daihatsu Ayla – Produsen mobil Daihatsu sepertinya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk ambil bagian dalam persaingan mobil murah di Indonesia. Daihatsu Alya pertama diluncurkan tahun 2013. Mobil mungkin ini punya spesifikasi yang lumayan mumpuni untuk bisa bersaing dengan mobil dengan harga murah lain seperti Brio dan Agya. Apa saja kelebihan dan kelemahan Daihatsu Ayla?

Dalam artikel mengenai kelebihan dan kelemahan Daihatsu Ayla, hal yang pertama akan dibahas adalah kelebihan-kelebihan mobil ini. Berikut ulasannya.

kelebihan-dan-kelemahan-daihatsu-ayla

Kelebihan Daihatsu Ayla

  • Harga yang murah

Mobil ini punya konsep LCGC atau Low Cost Green Car. Harga mobil ini sekitara 75-114 juta rupiah. Mobil ini termasuk mobil baru paling murah dibandingkan dengan kompetitor lain sejenisnya.

  • Irit BBM

1 liter bensin bisa digunakan untuk menempuh perjalanan sebanyak 20 km. Ukuran mobil yang kecil juga membuat bahan bakar semakin irit.

  • Ruang yang cukup lega

Meski mobil mungil tapi jangan salah sangka, mobil ini tidak akan membuat penumpangnya saling berdesakan. Daihatsu memikirkan secara matang mengenai ukurannya. Mobil ini punya ukuran 3.600 mm x 1.600 mm x 1.520 mm yang cukup untuk membawa 5 orang dengan ukuran yang masih cukup lega.

Advertisement
  • Ukuran bagasi luas

Mobil kecil ini punya kapasitas bagasi lumayan luas. Bahkan lebih luas dari mobil yang sejenis dengannya, yaitu Toyota Agya.

  • Spare part mudah untuk ditemukan

Jika mobil ini mengalami kerusakan maka Anda bisa menemukan spare part-nya dengan mudah karena di seluruh Indonesia ada dealer Daihatsu.

Kelemahan Daihatsu Ayla

Pada artikel kelebihan dan kelemahan Daihatsu Ayla ini, di atas sudah dibahas mengenai kelebihan dari mobil ini. Maka di bawah ini adalah ulasan mengenai kelemahannya.

interior-daihatsu-ayla

  • Kurang maksimalnya tenaga mesin

Kapasitas mesin mobil ini hanya 1.0 liter, spesifiknya 998 cc membuat mobil ini performanya kurang maksimal. Oleh karena tenaga maksimum yang dihasilkan hanya sebesar 65ps. Setengah dari tenaga maksimal Honda Jazz.

  • Akselerasinya lamban

Kecepatan yang hingga 100 km/jam dirasa masih termasuk lamban. Untuk mendapatkan kecepatan seperti itu diperlukan waktu 15 detik, seharusnya bisa lebih cepat.

  • Fasilitas tidak lengkap

Untuk membuat harganya murah, Daihatsu Alya akhirnya mengorbankan beberapa fitur paling utama untuk mobil. Seperti pada tipe D (paling rendah) tidak ada AC dan airbag.

  • Body-nya terlalu ringan

Ukuran mobil ini ringan sehingga stabilitasnya jadi berkurang apabila dikendarai pada kecepatan yang tinggi. Atau saar berpapasan dengan truk maupun bus, Anda bisa merasakan getaran sehingga membuat kurang nyaman.

Itu dia apa saja kelebihan dan kelemahan Daihatsu Ayla. Bagaimana menurut Anda?

Artikel Terkait

Kelebihan dan Kelemahan Mobil Daihatsu Ayla | Khisma Nisa Yuniar | 4.5