Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R – Kiprah Suzuki pada segmen smart city sudah berkembang dari pertama kali dikenalkannya Karimun Kotak tahun 1999. Suzuki Wagon R adalah generasi ketiga yang menggantikan posisi Suzuki Karimun Estilo. Mobil ini beredar tahun 2007. Apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Wagon R?

Mobil Suzuki Karimun Wagon R

Karimun Wagon R adalalah mobil LCGC karena punya segala persyaratan yang sudah ditentukan pemerintah. Kompetitor-kompetitor yang berada pada segmen sama antara lain Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya, Datsun Go Panca, Nissan March 1.2, KIA Picanto Morning, dan Mitsubishi Mirage.

kelebihan-dan-kekurangan-suzuki-karimun-wagon-r

Eksterior Karimun Wagon R

Bagian luar mobil ini punya body yang mengkotak yang bentuknya tinggi seperti Karimun Classic. Dimensi panjang maupun tingginya pas untuk city car karena memberikan ruang yang lebih untuk interior jadi terlihat lebih lapang. Namun mobil ini kurang lebar juga kurang proporsional.

Mobil ini punya headlamp halogen yang bentuknya trapesium dengan ujung runcing. Lalu, pada bagian bawahnya ada ruang untuk foglamp yang mengapit air intake dengan ukuran jumbo.

Interior Karimun Wagon R

Advertisement

Pada ruang kabin mobil ini tidak punya sesuatu yang spesial tapi ruang kabin tersebut lapang dan lega. Memang setiap mobil yang ada pada segmen LCGC selalu memangkas fitur yang lumayan banyak agar harga jual bisa ditekan. Seluruh tipe Wagon R punya pendingin udara yang tidak ada di mobil LCGC umumnya.

interior-suzuki-karimun-wagon-r

Lalu bagian dashboarnya punya kesan yang elegan dengan jumlah tombol kontrol yang minim di bagian tengah yang terlihat rapi dan simpel. Penampilannya jadi semakin elegan karena memakai skema warna dominasi gelap.

Kinerja dan Performa Mesin

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Wagon R lainnya adalah mobil ini menggunakan mesin injeksi K10B 3 silinder yang segaris. Ketahanan mesin mobil ini lumayan bagus karena tidak memakai timing belt yang akan rentang putus tapi memakai timing chain.

Jika dibahas secara singkat kelebihan-kelebihan yang dimiliki adalah kabinnya lapang sekali, suara mesin yang halus, pengaturan kontrolpanel, suspensinya empuk, responsif pada putaran bawah, terjaminnya jaringan aftersales, transmisi dan koplingnya ringan, konsumsi BBM lumayan irit, serta finishing interiornya bagus.

Sementara untuk kekurangannya antara lain, body-nya kurang lebar, pengaturan AC tidak terlalu lengkap, bentuk yang kurang proporsional, tidak ada jam di bagian dashboard, tidak ada pilihan opsi gear parking untuk varian matiknya, kualitas peredaman pada kabin buruk, serta headrest pada jok belakangnya kurang tinggi.

Itu dia apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Wagon R, mobil smart city yang lumayan bagus.

Artikel Terkait

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R | Khisma Nisa Yuniar | 4.5