Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Vitara

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Vitara – Semua sudah tahu bahwa Suzuki merupakan produsen mobil yang terkenal. Di Indonesia, Suzuki lebih banyak memproduksi produk jip offroad juga SUV. Awalnya pada tahun 90-an Suzuki memikat masyarakat Indonesia dengan mobil multifungsinya dibandingkan dengan sedan. Namun pada abad milenium semuanya berubah.

Suzuki pernah memasarkan mobil Vitara tapi sempat berhenti. Setelah itu Suzuki memperbaruinya dengan Grand Vitara pada tahun 2006. Artikel ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Suzuki Grand Vitara versi 2.0 dan 2.4?

kelebihan-dan-kekurangan-suzuki-grand-vitara

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Vitara

Suzuki Grand Vitara

Generasi Vitara sebelumnya hanya berupa pengembangan dari Escudo. Namun, pada generasi keduanya semua diperbarui dan menjadi sangat berbeda.

  • Eksterior

Pada Grand Vitara generasi dua terdapat multi reflektor, lampu halogen, dan proyektor yang dipasang menjadi lampu utama. Lalu ada juga sepasang lampu kabut di bagian depan serta belakang kabin. Berguna jika cuaca berkabut. Pintu-pintunya menggunakan jendela berwarna hijau yang gelap.

Bumper depan dan belakang, spion elektrik, dan sideskirt-nya dicat senada dengan body. Hal tersebut semakin memperkaya daya tarik penampilannya karena terlihat menyatu. Velg-nya berukuran 17 inch dengan ban Radial tubeless. Di pintu belakang terdapat ban cadangan.

Advertisement
  • Interior

Interior pada seri terbaru banyak unsur yang diperbarui sehingga kabin jadi terlihat lebih mewah dan nyaman. Sebagai sumber cahaya, pada kabin terdapat lampu yang banyak dan cukup lengkap. Meski memakai bahan biasa tapi joknya punya kualitas yang baik.

interior-suzuki-grand-vitara

Untuk penumpang pada baris kedua terdapat tiga sandaran kepala. Mobil ini bisa membawa lima orang dewasa tanpa berdesakan.

  • Performa mesin

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Grand Vitara generasi kedua ada pada performa mesinnya. Mesinnya berkapasitas 2.4 liter dengan kode J24B yang bisa memroduksi tenaga sampai 166 H di 6.000 RPM. Konfigurasi mesinnya 4 silinder yang segaris dengan 16 katup. Sementara transmisinya adalah 5 percepatan untuk manual dan 4 percepata untuk matic.

  • Impresi dan Handling

Suspensi efisien ada pada mobil ini. Pada sistem pengereman dilengkapi berbagai fungsi lanjutan seperti sistem untuk anti penguncian rem.

Secara singkat kelebihan-kelebihan yang dimilikinya antara lain punya ruang penyimpanan yang banyak, efisiennya sistem pengereman, desain yang long lasting, suspesi dan mesin tangguh, khusus versi 2.4 fitur interiornya lengkap, serta harga bekasnya terjangkau sekali.

Lalu kekurangannya antara lain tidak memiliki varian 4WD dan diesel, boros, harga barunya mahal sedangkan harga jualnya rendah, desainnya seperti model lama hanya facelift, dan ground clearance-nya rendah.

Itu dia apa saja Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Vitara generasi 2.0 dan 2.4.

Artikel Terkait

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Vitara | Khisma Nisa Yuniar | 4.5