Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga Terbaru – Suzuki Ertiga adalah salah satu produk Suzuki yang paling laris. Mobil ini termasuk jenis MPV. Sejak pertama kali diluncurkan, mobil jenis ini sudah memberikan kontribusi yang bagus untuk Suzuki sehingga menjadi produsen mobil yang terkemuka. Apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga?

Mobil Suzuki Ertiga

Pada tahun 2015, Suzuki memamerkan model Ertiga facelift. Kostumisasi dilakukan hanya pada bagian interior dan eksteriornya. Sementara untuk fiturnya masih sama dengan yang lama, yang akan diulas di artikel ini.

kelebihan-dan-kekurangan-suzuki-ertiga

Eksterior

Bagian luar dari mobil ini memakai grill depan yang punya bilah horizontal warna hitam yang ditambah dengan logo Suzuki pada bagian tengahnya. Klaster lampu depannya besar, dan dilengkapi halogen. Pada bendungan udara yang ada pada bumper depan lumayan besar. Fungsinya adalah agar bisa memasok udara yang lebih untuk mendinginkan mesin.

Interior

Suzuki Ertiga adalah mobil MPV pertama dari Suzuki yang dibuat berdasarkan dari platform Suzuki Swift. Kabin mobil pada baris pertama serta kedua ini cukup luas, proses finishing untuk interiornya juga rapi.

Advertisement

interior-suzuki-ertiga

Sayangnya, desain dashboard yang dimilikinya kurang berkesan karena bukan hal baru. Ada beberapa fitur yang menyerupai milik kompetitornya.

Performa Mesin

Suzuki Ertiga untuk versi Indonesia hanya mempunyai satu pilihan, yaitu mesin tunggal dengan bahan kabar bensin. Mesin yang digunakan mempunyai kode K14B dengan 4 silinder segaris dengan 16 katup dengan kapasitas sebesar 1,4 liter. Tenaga yang bisa dihasilkan adalah sampai dengan 95 HP di 6000 RPM. Torsi puncaknya adalah 130 Nm 4000 RPM.

Dalam waktu 14 detik, mobil ini bisa melaju dalam kecepatan 100 kph. Sementara top speed-nya adalah sebesar 160 kph.

Impresi dan Handling

Meski ukuran mobil ini besar tapi bukan berarti handling-nya buruk. Ertiga punya suspensi yang bagus dan bisa membuat stabilitas jadi baik. Di bagian depannya memakai suspensi McPherson strut sementara belakangnya dengan rifid axle plus torsion beam. Dibandingkan dengan kompetitornya, mobil ini punya handling yang seperti hatchback dan terbaik di kelasnya.

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga. Kelebihan yang dimilikinya antara lain konsumsi BBM yang irit, kabin yang luas, punya radio transmisi yang panjang, handling mumpuni, fitur keselamatannya lengkap, sparepart bisa ditemukan mudah, dan bagasi yang besar.

Sementara untuk kekurangannya antara lain punya akselerasi yang biasa, memiliki fitur yang minim, pelapis trim pintunya mudah untuk kotor, serta kursi pada baris ketiganya kurang praktis.

Itu dia apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga. Bagaimana menurut Anda mobil satu ini? Termasuk mobil andalan Anda?

Artikel Terkait

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga Terbaru | Khisma Nisa Yuniar | 4.5