Kelebihan dan Kekurangan Nissan X Trail Tipe T30

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X Trail Tipe T30 – SUV dari Nissan dengan kode T30 pernah booming pada tahun 2003 yang lalu. Mobil ini adalah pembuka segmen dari SUV modern. Saat itu rivalnya, Honda CRV generasi pertama belum melakukan major facelift jadi penjualan mobil ini melonjak. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Nissan X Trail generasi pertama?

Mobil Nissan X Trail Generasi Pertama

Penjualan generasi pertama mobil ini dihentikan pada 2008 karena diganti oleh penerusnya, yaitu T31 yang menjadi generasi kedua. Oleh karena membahas tentang kelebihan dan kekurangan Nissan X Trail maka harus mengulas eksterior, interior, dan performa mesinnya.

Eksterior

kelebihan-dan-kekurangan-nissan-x-trail

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X Trail Tipe T30

Desain mobil ini mengkotak atau boxy. Meski begitu, mobil ini memiliki model atraktif. Desainnya maskulin bercampur dengan klasik yang juga diterapkan pada generasi keduanya.

Interior

Kelebihan interior mobil ini salah satunya memiliki kabin yang luas sehingga membuat pengemudi maupun penumpang merasakan kenyamanan. Kapasitas bagasi juga besar sekali ditambah dengan fitur pendingin minuman. Namun area bagasi cukup untuk lima tempat duduk saja. Bagian headroom maupun legroom-nya lumayan layak.

Advertisement

interior-nissan-x-trail

Berbagai istrumen terdapat di tengah dashboard jadi bisa dilihat seluruh penumpang yang ada di bagian belakang sekali pun. Mirip dengan interior Toyota Vios.

Performa Mesin

Nissan X Trail generasi pertama yang ada di Indonesia punya dua pilihan mesin, yaitu 2.0 dan 2.5 liter. Pada versi 2.0 liter kodenya adalah QR20DE yang bisa menghasilkan tenaga sampai dengan 150 HP pada 6000 RPM serta torsi sebesar 200 NM pada 4000 RPM. Sementara untuk yang 2.5 liter lebih besar, yaitu 180 HP pada 6000 RPM serta torsi sebesar 245 Nm pada 4000 RPM.

Impresi dan Handling

Dalam kelas SUV crossover pada eranya, mobil ini disebut paling nyaman. Oleh karena memiliki basis platform yang sama dengan sedan. Bahkan beberapa orang mengaku generasi pertama ini lebih nyaman dibandingkan generasi kedua.

Secara singkat, kelebihan dari mobil ini antara lain, punya headroom dan legroom yang lega, luasnya area pandang, kapasitas bagasi besar sekali, perawatannya murah, tergolong hemat BBM, suspensinya empuk, serta mesin dan kompennya memiliki kaki-kaki yang tangguh.

Sedangkan kekurangannya antara material untuk interior murahan, AC-nya kurang dingin, eksterior terlihat norak, handling kurang presisi, bagasi besar jadi kapasitas kursi baris kedua terlalu “dilahap”, pada kecepatan tinggi akan limbung, transmisi ketinggalan jaman, serta membutuhkan BBM dengan oktan tinggi.

Itulah apa saja Kelebihan dan Kekurangan Nissan X Trail Tipe T30 generasi pertama.

TAG

kelemahan xtrail bekas

Artikel Terkait

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X Trail Tipe T30 | Khisma Nisa Yuniar | 4.5