Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1 – Daihatsu Xenia adalah mobil MPV murah yang dikenalkan sejak tahun 2003 bersamaan dengan Toyota Avanza. Kedua mobil tersebut adalah hasil kerjasama dua produsen itu untuk bisa meraih pangsa pasar di dalam segmen mobil keluarga dengan kelas ke bawah. Xenia menjadi MPV terlaris yang kemudian dilanjutkan penerusnya. Apa saja kelebihan dan kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1 sehingga sangat laris di pasaran?

Dalam segi hal pemasaran, Daihatsu Xenia punya spesifikasi lebih rendah dibandingkan Avanza. Perbedaannya terletak pada eksterior, fitur, dan interiornya. Perbedaan yang kecil hanya ada pada bagian mesin. Lalu apa saja sebenarnya kelebihan dan kekurangan Daihatsu Xenia gen 1?

kelebihan-dan-kekurangan-daihatsu-xeniaDaihatsu Xenia Gen 1

Eksterior Xenia Gen 1

Mengenai bagian eksterior tentu Anda sudah cukup familiar jadi tidak usah dijelaskan panjang lebar. Hanya saja Anda mungkin tidak dapat membedakan perbedaan tahun keluarannya karena perbedaan facelift-nya sangat kecil.

Untuk Xenia keluaran 2004, 2005, dan 2006 (generasi awal) bisa dikenali dengan mudah. Model grill-nya berbentuk horizontal tiga baris serta bumper depannya polos sekali juga minim lekukan.

Advertisement

Kemudian di bagian belakangnya menggunakan stoplamp yang modelnya masih berupa kristal dengan garis buram. Letak dari lampu mundur dan seinnya terdapat pada satu bingkai yang ada di atas sementara lampu rem di bawah.

Interior Xenia Gen 1

Jika beranjak ke dalam kabin maka kualitas interiornya adalah murah. Bahan yang dipakai adalah plastik yang keras. Itu adalah salah satu kekurangannya.

Banyak fitur yang dipangkas apalagi pada trim bagian bawah juga menengah. Hal itu dilakukan untuk memangkas biaya produksi supaya harganya bisa bersaing di pasaran.

interior-daihatsu-xenia

Posisi setirnya belum adjustable jadi Anda serasa mengemudikan sebuah angkot. Namun baiknya, ergonomi dari kabin tergolong bagus sebab kursi yang ada pada baris ketiga bisa dilipat ke depan. Anda jadi bisa membawa barag bawaan yang banyak jika kursi ketiga tidak dipakai.

Itu dia rincian secara singkat mengenai interior dan eksteriornya. Jika membicarakan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Xenia tentu belum lengkap jika hanya membicarakan dua bagian itu. Untuk kelebihannya antara lain, irit, murah, pajak murah, dan sparepart banyak.

Sementara untuk kekurangannya image Daihatsu belum terlalu terkenal seperti Toyota, tidak aman dan nyaman, plat body yang terlalu tipis, double blower hanya terdapat di varian atas, terlihat murahan, harga jual rendah, dan banyak fitur dari Avanza yang dipangkas.

Itu dia apa saja kelebihan dan kekurangan Daihatsu Xenia gen 1 yang termasuk mobil MPV paling laris di masanya.

Artikel Terkait

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1 | Khisma Nisa Yuniar | 4.5