Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless dari Ban Biasa

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless dari Ban Biasa – Ketika mendengar istilah ban tubeless, mungkin yang akan terlintas pada pikiran anda adalah ban yang awet karena tidak bisa bocor. Meski sudah banyak yang mengatakan bahwa sebenarnya ban tubeless tetap dapat bocor, anggapan yang pertama masih saja beredar di masyarakat. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu ban tubeless, serta kelebihan dan kekurangan ban tubeless, mari simak pembahasan berikut.

Apa itu ban tubeless?

Ban tubeless adalah ban yang sengaja dirancang dengan desain khusus tanpa perlu menggunakan ban dalam. Ban tubeless yang kini merajai pemasaran ban di Indonesia ini diciptakan oleh hutchinson, mavic, dan michelin dan resmi mulai digunakan tahun 1999. Pada awalnya ban ini hanya digunakan untuk sepeda gunung saja, namun pada perkembangannya muncullah inovasi untuk menciptakan ban tubeless untuk kendaraan lain seperti motor. Dilihat dari kelebihan dan kekurangan ban tubeless, maka tak ayal banyak yang terpikat untuk menggunakannya. Ban tubeless dibuat dengan struktur bahan yang lebih tebal dari ban biasanya, dengan demikian ban ini dianggap lebih awet dari ban biasanya. Namun demikian tidak semua medan jalan cocok dengan tipe ban yang satu ini, untuk mengetahui lebih lanjut ikuti ulasan selanjutnya.

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless dari Ban Biasa

Kelebihan dari ban tubeless

Advertisement

Di mata masyarakat, pamor ban tubeless memang sudah sangat tenar.Namun takbanyak yang mengetahui lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan ban tubeless.Ban tipe ini anti bocor, namun sejatinya tidak demikian. Ban tubeless hadir sebagai kegelisahan masyarakat yang merasa ban biasa tidak awet karena mudah bocor ketika terkena benda tajam. Ban tubeless yang didesain lebih tebal dan tanpa ban dalam ini memang lebih tahan dari tusukan benda tajam atau paku. Ban tubeless tidak akan langsung kempes dan bahkan masih dapat digunakan beberapa hari kemudian.

Kelebihan dan kekurangan ban tubeless memang perlu anda ketahui agar mudah dalam menentukan pilihan ban yang tepat. Kelebihan ban tubeless yang lainnya adalah mampu bermanuver dengan kecepatan tinggi di jalan-jalan yang halus. Ban tubeless mampu memberi kestabilan pada kendaraan anda meskipun digunakan dalam kecepatan yang tinggi sekalipun. Ban ini juga terkenal kuat dan jika terkena benda runcing seperti paku, anda dapat langsung menambalnya sendiri menggunakan lem power, tanpa membawanya ke tukang tambal ban.

Kekurangan dari ban tubeless

Meski memiliki banyak kelebihan, ban tubeless ternyata juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yangdimiliki oleh ban yang satu ini adalah tidak kuat jika digunakan untuk medan yang rusak. Ban tubeless akan lebih mudah rusak ketika digunakan pada jalan-jalan yang rusak. Selain itu ban tubeless juga hanya pas digunakan untuk pelek bintang, sehingga jika anda ingin menggunakan ban yang satu ini perlu sekalian membeli pelek baru. Jika dilihat dari bahan pembuatnya, ban tubeless ini ternyata hanya memiliki masa bertahan yang lebih pendek dari biasanya yakni 1.5 tahun sementara ban biasa dapat bertahan hingga 2 tahun. Kelebihan dan kekurangan ban tubeless memang perlu diketahui oleh anda agar tidak mudah tertipu oleh bujuk raju penjual.

Nah setelah anda mengetahui mengenai seluk beluk ban tubeless, barulah anda dapat menentukan kira-kira ban tipe apa yang akan anda gunakan. Sebenarnya melihat dari kelebihan dan kekurangan ban tubeless di atas tentunya anda tidak akan salah dalam menentukan pilihan terbaik untuk roda motor anda.

Kelebihan dan kekurangan ban tubeless yang telah diuraikan mampu menjadi pedoman untuk anda dalam memilih ban yang tepat.

TAG

ban tubles matic,ban keluaran terbaru khusus vixion tubeless,ban tubles matic terbaik,ban keluaran terbaru,ban tub les matic,ban tubeles,ban tubles,ban tubless matic,ban$tubles$matic

Artikel Terkait

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless dari Ban Biasa | Neng Gina Nurhidayati | 4.5