Jenis Surat Tilang Kendaraan Bermotor Yang Harus Diketahui

IKLAN

Jenis Surat Tilang Kendaraan Bermotor – Saat berkendara motor di jalan raya sering bertemu dengan polisi yang melakukan razia. Sebenarnya tujuan polisi merazia di jalan raya adalah untuk mengetahui kelengkapan sepeda motor dan surat-suratnya. Kelengkapan sepeda motor ini sesungguhnya untuk menjaga keselamatan pengendara motor sendiri dan pengguna jalan raya lainnya. Apabila motor atau surat-surat kurang lengkap maka polisi akan menilang dan memberikan surat tilang. Ada baiknya sebagai pengendara motor mengetahui jenis surat tilang kendaraan bermotor.  Surat tilang yang dikeluarkan oleh kepolisian ada beberapa macam dan berbeda fungsinya. Bagi pengendara yang melanggar juga dapat dilakukan penyitaan yaitu SIM, STNK dan kendaraan bermotor.

Pengendara bermotor yang terkena tilang pada saat razia dan diberikan surat tilang oleh kepolisian harus mengerti ciri-ciri surat tilang yang sah. Ciri-ciri surat tilang yang sah yaitu diberi stempel dari Polsek/kesatuan/pos polisi di sebelah kanan atas sebagai bukti keabsahan surat tilang dan stempel sari staff pada bagian bawah surat tilang sebagai bukti telah diketahui oleh atasan.

jenis surat tilang kendaraan bermotor

Jenis Surat Tilang Kendaraan

IKLAN

Berikut ini adalah jenis surat tilang kendaraan bermotor yang harus diketahui.

  1. Surat tilang warna merah

Surat tilang berwarna merah diberikan kepada pelanggar peraturan lalu lintas yang tidak mau mengakui kesalahannya. Pelanggar diberikan surat tilang berwarna merah dan akan disidang di pengadilan negeri pada tanggal yang ditentukan. Biasanya selama maksimal 14 hari setelah tanggal penilangan. Di pengadilan, pelanggar dapat mengajukan diri untuk memperoleh keringanan atau melakukan pembelaan diri.

  1. Surat tilang warna biru.

Surat tilang berwarna biru diberikan kepada pelanggar peraturan lalu lintas yang mau mengakui kesalahannya. Polisi akan memberikan denda minimal Rp.50.000,00 tergantung pada kesalahannya. Denda dapat ditransfer ke rekening BRI dan polisi akan meminta bukti transfer. Kemudian polisi akan memberikan surat yang disita.

  1. Surat tilang warna kuning.

Surat tilang berwarna kuning merupakan surat arsip yang harus disimpan oleh pihak kepolisian. Surat ini tidak diberikan kepada pelanggar.

  1. Surat tilang warna hijau.

Surat tilang berwarna hijau merupakan surat arsip sebagai arsip di pengadilan negeri. Melalui surat berwarna hijau ini pengadilan negeri dapat memproses pelanggaran sebagai tindakan lanjut hingga perkara dianggap selesai.

  1. Surat tilang warna putih.

Surat tilang berwarna putih merupakan surat arsip di kejaksaan. Surat ini disimpan di kejaksaan untuk catatan dan bukti apabila ada permasalahan di kemudian hari.

IKLAN

Demikian lima Jenis Surat Tilang Kendaraan Bermotor yang wajib diketahui oleh pengendara. Pengetahuan ini dapat berguna jika suatu saat pengendara ditilang ketika razia dan memahami apabila polisi melakukan kesalahan.

IKLAN

Artikel Terkait

IKLAN
Jenis Surat Tilang Kendaraan Bermotor Yang Harus Diketahui | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5