Inilah Tips Menghadapi Banjir Untuk Motor

Tips Menghadapi Banjir Untuk Motor – Saat musim hujan telah tiba, banyak masalah yang mulai timbul terutama di kota-kota besar yang memiliki sistem drainase buruk dan resapan air yang rendah yaitu terjadinya banjir. Kalau sudah banjir pastinya membuat kemacetan yang panjang karena antri kendaraan yang mau menerobos banjir. Apalagi hanya ada satu jalan menuju tempat kerja dan jika kalau mau melewati jalan lain malah lebih jauh akhirnya kita memaksa motor kita untuk menerjang banjir.

Saat menerjang banjir jika motor kita bisa melewatinya itu bagus, tetapi jika motor kita malah mogok terjadilah masalah baru. Kita harus menuntun motor sampai ketempat yang tidak banjir dengan keadaan baju yang basah dan apesnya lagi kalau kita tidak tahu tentang mesin, kita harus membawanya ke bengkel, pastinya membuat kita lebih susah lagi.

Sebagai pemiliki motor harusnya kita tahu bagaimana cara mengatasi banjir saat dijalan agar motor kita aman tidak sampai mogok dijalan, berikut ini saya memeberikan beberapa tips tentang menghadapi banjir untuk motor :

  1. Cek tekanan ban

Saat musim hujan begini, selalu cek kondisi tekanan ban agar sesuai standart, usahakan agar 70% dari bagian ban menapak pada aspal sehingga lebih aman saat menerjang banjir.

Advertisement
  1. Lindungi busi motor

Jika motor anda memiliki letak busi yang rada dibawah, maka segeralah untuk melindunginya dengan menggunakan plastik akrilik dengan memanfaatkan bagian kanan dan kirinya sebagai pegangannya, untuk menempelkanya bisa menggunakan lakban yang kuat.

  1. Beri sealer pada bagian kepala busi

Pada bagiian kepala busi memang sudah ada pelindungnya, tetapi alangkah baniknya pada bagian sambungan diberi sealer (cairan perapat) agar air tidak merembes ke bagian busi.

  1. Cek bagian stik oli

Pastikan pada bagian stik oli rapat, sehingga air tidak merembes masuk ke oli.

  1. Knalpot

Sambung bagian pembuangan pada knalpot dengan selang bisa diikatkan pada bagian plat nomor atau handle belakang agar air tidak masuk melalui lubang knalpot.

  1. Usahakan mesin tetap konstan

    tips menghadapi banjir untuk motor

    tips menghadapi banjir untuk motor

Saat menerjang banjir, usahakan saat melewatinya dengan mesin yang konstan, sehingga lebih aman saat menerjang banjir.

  1. Tutup dengan plastik

Jika tinggi banjir sudah setinggi roda, maka lebih baik matikan mesin anda dan bungkus pada bagian kabel busi dengan plastik yang diikat dengan karet rapat dan pada bagian blok mesin dan kepala silinder juda dibungkus agar air tidak masuk.

Demikian pembahasan mengenai tips menghadapi banjir untuk motor.

Terima kasih

Artikel Terkait

Inilah Tips Menghadapi Banjir Untuk Motor | Eril Obeit Choiri | 4.5