Inilah Kelebihan Isi Angin Ban Pakai Nitrogen

Kelebihan Isi Angin Ban Pakai Nitrogen – Ban adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi kendaraan mobil maupun sepeda motor. Agar kendaraan dapat berjalan dengan stabil maka ban membutuhkan tekanan gas tertentu. Pengaturan tekanan gas pada ban juga dapat mempengaruhi usia ban serta daya cengkeramnya terhadap permukaan jalanan. Saat ini di sebagian tempat pengisian bahan bakar disediakan pengisian nitrogen untuk ban. Ada beberapa kelebihan isi angin ban pakai nitrogen yang akan mempengaruhi keawetan ban. Memang dalam soal harga, pengisian tekanan ban menggunakan nitrogen ini lebih mahal daripada oksigen atau angin yang biasa dilakukan. Namun cukup banyak keuntungan yang akan diperoleh.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan isi angin ban pakai nitrogen.

  1. Mencegah ban kempes lebih lama.

Pengisian tekanan gas ban menggunakan nitrogen dapat mencegah ban kempes lebih lama. Kondisi ini disebabkan oleh ukuran partikel nitrogen yang lebih besar daripada ukuran partikel oksigen. Ukuran yang lebih besar ini menyebabkan gas nitrogen akan sukar menembus pori-pori ban keluar.

isi angin ban pakai nitrogenKelebihan Isi Angin Ban Pakai Nitrogen

Advertisement
  1. Daya cengkeram ban pada jalan.

Pengisian tekanan gas nitrogen pada ban dapat menambah kemampuan daya cengkeram ban pada permukaan jalan. Ban dapat menempel lebih sempurna pada permukaan jalan sehingga daya cengkeram ban lebih stabil. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakar yang lebih irit.

  1. Mencegah ban kepanasan.

Ban yang kepanasan dapat beresiko ban meledak. Penggunaan nitrogen untuk mengisi tekanan gas pada ban dapat membuat suhu udara yang ada di dalam ban stabil. Gas nitrogen ini juga dapat mencegah karat serta proses oksidasi dan menjaga kelembaban udara di dalam ban.

  1. Lebih ekonomis.

Pengisian gas nitrogen untuk memberikan tekanan gas pada ban dapat mencegah ban kempes lebih lama. Pengisian nitrogen tidak perlu sesering seperti pengisian dengan oksigen. Pada pengisian tekanan gas yang tepat akan mempengaruhi permukaan ban. Permukaan akan lebih merata sehingga habisnya permukaan ban juga akan merata. Sehingga pengisian nitrogen untuk tekanan gas pada ban akan membuat ban lebih awet.

  1. Mencegah karat pada pelk.

Ban yang diisi dengan nitrogen tidak terlalu lembab seperti pada pengisian oksigen. Padahal kelembaban yang tinggi dapat memicu karat sehingga penggunaan nitrogen untuk mengisi tekanan ban dapat mencegah karat pada pelk.

Demikian beberapa Kelebihan Isi Angin Ban Pakai Nitrogen yang dapat membuat ban menjadi lebih awet. Ban merupakan salah satu bagian yang penting untuk keselamatan sehingga harus benar-benar diperhatikan.

Artikel Terkait

Inilah Kelebihan Isi Angin Ban Pakai Nitrogen | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5