Inilah Fungsi Relay Pada Motor

Fungsi Relay Pada Motor – Bagi sebagian pengendara sepeda motor pasti tidak asing dengan yang namanya Relay, tetapi ada beberapa orang yang belum mengetahui relay itu apa. Relay adalah salah satu komponen elektronika pada motor yang terdiri dari 2 bagian yaitu  kontak poin dan kumparan elektromagnetik. Secara umum relay dapat diartikan sebagai komponen yang mengalirkan listrik dengan menggunakan arus yang besar tetapi dengan kendali listrik yang memiliki arus relatif kecil.

Biasanya, relay memiliki 4 kaki pada bagian bawahnya, kaki-kaki ini menjadi terminal  yakni terminal 87 dan 30 yang berhubungan langsung dengan kontak poin. Untuk dua kaki lainya menjadi terminal 86 dan 85 yang berhubungan dengan bagian elektromaknetik pada relay. Berikut ini gambar dari relay agar anda lebih jelas.

fungsi relay pada motor

Fungsi Relay Pada Motor

Untuk fungsinya, relay memiliki kegunaan sebagai komponen elektromagnetik switch atau bisa disebut saklar yang dapat dikendalikan oleh magnet listrik. Cara kerja dari relay ini sendiri adalah ketika ada gelombang elektromagnetik yang dialiri oleh arus listrik yang melewati bagian terminal 85 dan terminal 86 maka kumparan tersebut akan mendapatkan gaya magnet. Dengan gaya magnet ini akan menarik kontak poin sehingga terminal 87 dan terminal 30 menjadi menyambung sehingga terjadilah aliran listrik. Untuk lebih detailnya bisa dilihat gambar alur pada relay dibawah ini.

Advertisement
Cara Kerja Relay Motor

Cara Kerja Relay Motor

Jenis relay yang lain memang ada, yang memiliki jumlah kaki yang lebih dari 4, tetapi untuk fungsinya juga hampir sama dengan relay 4 kaki, hanya perkembangannya saja. Dengan prinsip kerja relay yang bisa menjadi elektromagnetik switch maka elay dapat digunakan untuk banyak kegunaan pada motor diantaranya sebagai berikut fungsinya :

  • Menjadikan lampu motor menjadi lebih terang

Jika lampu motor anda tidak terang cahanya, anda dapat menggunakan relay untuk mengakalinya. Lampu redup pada motor ini penyebabnya adalah bertambah besar hambatan didalam rangkaian pada lampu kepala motor anda.

  • Membuat kunci keamanan pada motor anda

Relay juga dapat digunakan untuk mencegah motor anda dari tindakan pencurian. Cara kerjanya relay tersebut menjadi saklar yang berfungsi menyambung atau memutuskan listrik yang menuju pada koil motor.

  • Dan masih banyak kegunaan lainnya.

Bagaimana apakah anda sudah jelas mengenai fungsi relay pada motor anda? Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat untuk anda.

Terima kasih

TAG

fungsi relay vixion,relay pada vixion,fungsi relay pada motor vixion,fungsi relay motor vixion,fungsi relay pada honda beat,fungsi relay,fungsi Relay pada motor injeksi,fungsi relay pada motor,relay pada motor beat fi,funsi rely motor injecxi

Artikel Terkait

Inilah Fungsi Relay Pada Motor | Eril Obeit Choiri | 4.5