Inilah Cara Kerja Water Pump Pada Mobil

Cara Kerja Water Pump Pada Mobil – Pada setiap mobil biasanya memiliki yang namanya pendingin mesin yang gunakanya ketika mesin panas maka pendingin ini akan bekerja mengurangi suhu pada mesin agar tetap normal tidak overheat. Jika sampai overheat biasanya mobil anda akan mogok lebih parahnya mobil anda bisa terbakar karena mesin terlalu panas dan tidak ada pendinginan sama sekali.

Air yang ada pada radiator dipompa kebagian mesin dengan menggunakan water pump yang ada pada mobil. agar kondisi dari water pump ini menjadi awet alangkah baiknya anda selalu merawatnya dengan rajin menguras air yang ada pada radiator mobil anda dan melakukan pemeriksaan rutin setipa 10 ribu kilomter. Ada beberapa bagian yang ada pada water pump seperti berikut ini :

cara kerja water pump pada mobil

Cara Kerja Water Pump Pada Mobil

Advertisement
  • Pulley adalah menerima putaran mesin yang berasal dari belt
  • Poros adalah menerima putaran dari pullely dan selanjutnya tugasnya memutarkan rotor.
  • Rotor adalah menghisap air yang berasal dari radiator dan memberi tekanan pada air untuk di distribusikan.
  • Pump body adalah rumah dari water pump.

Nah, setelah kita mengetahui bagian-bagian dari water pump, pasti kita penasaran bagaimana cara kerja water pump pada mobil itu. Prinsip utama dari water pump ini adalah membuang panas dari mesin melalui air yang disirkulasikan dengan water pump yang berputar mengikuti putaran mesin saat suhu mesin sudah mulai melewati batas. Pembuangan panas dari mesin ini setelah terbawa air nantinya akan dibuang melalui kipas radiator melalui hembusan angin.

water pump pada mobil rusak

water pump pada mobil rusak

Air yang berasal dari dalam mesin tadi akan dibawa ke bagian atas radiator, kemudian kipas radiator akan bekerja membuang panas air tersebut dengan melalui sirip-sirip yang ada pada radiator. Setelah kira-kira dingin air akan disedot lagi oleh water pump untuk disirkulasikan kembali ke mesin, water pump ini akan berhenti bekerja jika mesin dudah berada pada suhu yang normal.

Perlu diketahui juga bahwa masalah yang sering dihadapi pada water pump biasanya bearing yang sudah rusak, cirinya yaitu bunyi kasar pada mesin mobil. Selain itu problem yang lain adalah kebocoran pada water pump, untuk cirinya biasanya ada air yang menetes pada mesin dan radiator yang ainya cepat berkurang. Demikian pembahasan mengenai cara kerja water pump pada mobil.

Terima kasih

TAG

cara kerja water pump,cara kerja water pump mobil,cara kerja waterpump,fungsi water pump,cara kerja water pump pada engine,cara kerja water pu,fungsi pompa radiator serta prinsip kerjanya,cara kerja water pom mobil,cara kerja pompa radiator,cara kerja water pump pada mobil

Artikel Terkait

Inilah Cara Kerja Water Pump Pada Mobil | Eril Obeit Choiri | 4.5