Inilah Cara Kerja Sistem AC Mobil dan Komponen

Cara Kerja Sistem AC Mobil dan Komponen – Sebagai salah satu pemilik mobil pastinya anda sudah tahu tentang AC atau bisa disebut Air Conditioner yang merupakan penyejuk udara dalam kabin mobil. Zaman sekarang ini mobil menggunakan AC adalah salah satu hal yang wajib ada. Apalagi diperkotaan yang memiliki udara yang panas dengan banyak polusi udara semakin menjadikan udara menjadi tak layak untuk pernafasan manusia.

Sebagai pemilik mobil ada baiknya anda mengetahui komponen-komponen dan cara kerja AC mobil. Karena jika suatu saat nanti ada masalah pada AC mobil, anda bisa mengetahui apa penyebab masalahnya. Sistem kerja AC mobil ini sebenarnya tak beda jauh dengan AC pada kulkas dan AC yang ada pada ruangan, keduanya menggunakan freon untuk mendinginkan ruangan sekitarnya.

masalah yang sering terjadi pada ac mobil

Anda juga sebaiknya melakukan pengecekan rutin ke bengkel spesialis AC jika udara yang keluar dari AC mobil anda mulai tidak terasa dingin atau bahkan malah terasa panas. Biasanya penyebabnya adalah freon AC yang sudah habis, jadi segeralah lakukan isi ulang freon tersebut agar AC anda bisa normal kembali seperti semula.

Komponen-komponen yang ada pada AC adalah sebagai berikut :

Advertisement
  • Komporesor
  • Kondensor
  • Filter/dryer
  • Katup ekspansi
  • Evaporator

Untuk cara kerja komponen-komponen tersebut sehingga AC mobil dapat diguanakan adalah sebagai berikut :

  1. Kompresor memompa dan menyebarkan media pendingin freon yang berbentuk gas kedalam sistem dengan tekanan yang sudah diatur. Sumber pengerak kompresor ini adalah dari tenaga mesin mobil.
  2. Freon yang berbentuk gas tekanan tinggi tersebut dialirkan ke bagian kondensor dengan melepaskan panas keluar lewat sirip-sirip yang ada pada kondensor tersebut.
  3. Setelah dari kondensor, freon tersebut lanjut dialirkan ke bagian dryer/filter untuk dilakukan penyaringan dari kotoran dan pengeringan dari uap air yang ada pada sistem.
  4. Media pendingin yang sudah turun suhu dan tekananya tersebut selanjutanya mengalir ke bagian evaporator.
  5. Gas yang keluar dari evaporator tersebut akan dihisap dan siap disirkulasikan keruangan kabin mobil anda dengan udara yang sejuk.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara kerja ac mobil, semoga tulisan ini bisa menjadi manfaat bagi para pemilik mobil semuanya agar tahu tentang seluk beluk AC mobil.

Terima kasih

TAG

cara kerja air conditioner,cara kerja freon ac,gambar cara kerja air conditioner,gambar sistem kerja ac

Artikel Terkait

Inilah Cara Kerja Sistem AC Mobil dan Komponen | Eril Obeit Choiri | 4.5