Inilah Cara Kerja Immobilizer Pada Mobil

Inilah Cara Kerja Immobilizer Pada Mobil – Kemajuan industri otomotif memang semakin pesat dewasa ini. Seiring perkembangan zaman semakin canggih berbagai produk otomotif baik motor hingga mobil. Tingginya minat masyarakat akan mobil memang cukup membuat para produsen mobil putar otak agar dapat meluncurkan produk sesuai keinginan masyarakat. Tetapi meskipun memiliki mobil kadang kebanyakan orang hanya memakainya saja tanpa mengetahui fungsi bahkan cara kerja beberapa bagian di dalam mobilnya. Mungkin anda sudah sering mendengar istilah immobilizer yang ada di mobil, tetapi ketika ditanyai cara kerjanya maka akan bingung. Untuk itu sebagai pengetahuan penting tidak ada salahnya anda menyimak ulasan cara kerja immobilizer pada mobil lebih detail di bawah ini.

Apa itu immobilizer yang ada pada mobil?

Mobil memang menjadi kebutuhan masyarakat modern saat ini terutama untuk masyarakat daerah perkotaan. Namun saat memiliki mobil tidak semua orang paham akan seluk beluk mobil itu sendiri, salah satunya cara kerja immobilizer pada mobil yang mungkin sedikit asing di telinga anda. Tetapi sebelum mengulik cara kerjanya maka sebaiknya anda paham dahulu arti immobilizer sebenarnya sehingga tidak akan kesulitan untuk mengetahui cara kerjanya. Immobilizer sendiri merupakan sebuah sistem untuk keamanan mobil yang dapat melumpuhkan sebuah mobil jika anda menggunakan kunci kontak mobil yang salah untuk menghidupkan mesinnya.

Inilah Cara Kerja Immobilizer Pada Mobil

Sistem dalam immobilizer pada mobil

Advertisement

Setelah anda menyimak uraian di atas pastinya sekarang akan lebih mudah menyesuaikan pengetahuan awal anda dengan berbagai hal yang berhubungan dengan immobilizer sendiri. Sebenarnya untuk cara kerja immobilizer pada mobil tentunya membutuhkan sistem tertentu agar dapat bekerja. Untuk itu anda perlu ketahui sistem dalam immobilizer sendiri terdiri oleh sebuah transponder yang letaknya pada anak kunci kontak, immobilizer control unit receiver serta IMOES dan ECM/PCM. Berbagai sistem tadi yang akan membantu kerja immobilizer untuk mobil yang anda gunakan nantinya.

Detail cara kerja immobilizer di mobil

Ketika anda sudah memahami seluk beluk immobilizer maka saatnya melangkah pada hal penting berikutnya yaitu mengulas cara kerja immobilizer pada mobil itu sendiri. Hal pertama ketika anda memasukkan kontak mobil dan memutarnya pada posisi ON maka ketika itu immobilizer control unit receiver akan segera mengirimkan sebuah sinyal ke transponder yang berada di kunci kontak tersebut. Selanjutnya transponder tersebut yang telah tertanam dalam kontak akan segera mengirim sebuah sinyal dengan perantara immobilizer control unit receiver yang tujuannya pada ECM atau PCM pada mobil tersebut.

Setelah melakukan beberapa tahapan kerja immobilizer pada mobil maka sekarang saatnya kerja ECM atau PCM. Apabila kode yang dikirimkan tadi sesuai dan terdaftar maka mesin kendaraan yang dihidupkan akan bisa distarter. Tetapi jika kode yang telah dikirimkan tidak dikenal oleh ECM atau PCM maka mobil yang akan anda coba hidupkan tidak akan memberikan respon atau hidup. Cara kerja immobilizer pada mobil tersebut tentunya sangat berguna, salah satunya untuk mengamankan mobil dari tindak pencurian karena kesalahan kontak mobil akan mempengaruhi immobilizer. Mobil yang menggunakan sistem immobilizer akan memiliki tingkat keamanan lebih tinggi, dimana dengan perbedaan angka maupun kode enkripsi akan menjauhkan dari tidak pencurian.

Dahsyatnya cara kerja immobilizer pada mobil tadi tentunya akan membuat anda takjub dengan sistem terbaru untuk mobil ini. Banyaknya manfaat yang didapatkan akan cukup memberikan anda alasan untuk memasangkan sistem keamanan satu ini pada mobil anda. Terlepas dari hal itu semoga artikel ini bermanfaat untuk hidup anda.

Cara kerja immobilizer pada mobil akan memberikan keamanan dengan proses kerja immobilizer yang sangat dahsyat untuk mengidentifikasi kontak yang cocok

Artikel Terkait

Inilah Cara Kerja Immobilizer Pada Mobil | Neng Gina Nurhidayati | 4.5