Ciri-ciri Rantai Motor Harus Diganti Untuk Keamanan

Ciri-ciri Rantai Motor Harus Diganti Untuk Keamanan – Rantai motor merupakan salah satu komponen yang penting pada sebuah sepeda motor terutama untuk kenyamanan saat mengendarai sepeda motor. Kondisi rantai yang telah tidak layak digunakan akan mempengaruhi performa motor dan laju motor. Ada beberapa ciri-ciri rantai motor harus diganti yang sebaiknya diketahui oleh pengendara agar nyaman saat berkendara. Pada sebagian pengendara tidak terlalu mempedulikan saat rantai motor kendur atau berat. Padahal kondisi ini juga dapat berpengaruh pada keselamatan pengendara.

Rantai pada motor berfungsi untuk meneruskan daya putaran mesin motor sehingga roda belakang dapat berputar melalui gir depan dan belakang. Pengendara yang kurang memperhatikan kondisi rantai mobil dapat membahayakan keselamatan karena ada kemungkinan rantai tiba-tiba putus atau lepas saat motor melaju kencang.

ciri-ciri rantai motor harus diganti

Ciri-ciri Rantai Motor Harus Diganti

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri rantai motor harus diganti untuk keamanan dan keselamatan pengendara.

  1. Tarikan motor berat.

Tarikan motor yang sudah mulai berat dapat menjadi pertanda bahwa rantai motor bermasalah dan harus segera diganti. Meskipun tarikan motor yang berat juga dapat menjadi ciri-ciri ada permasalahan pada mesin. Namun jika mesin tidak bermasalah berarti rantai motor mulai aus. Rantai motor yang aus menyebabkan penurunan akselerasi motor dan tarikan motor lebih berat.

Advertisement
  1. Terlihat permukaan rantai telah aus.

Permukaan rantai motor yang aus menyebabkan daya cengkeram antara rantai dengan gear tidak maksimal sehingga mempengaruhi putaran roda.

  1. Permukaan rantai gompal.

Permukaan rantai yang terlihat gompal atau jarak mata rantai tidak sama merupakan ciri rantai harus segera diganti. Kondisi ini dapat menyebabkan gesekan dengan rantai penggerak tidak rata sehingga saat melaju memimbulkan rasa tidak nyaman.

  1. Motor bersuara berisik.

Motor yang menimbulkan suara berisik meskipun saat melaju pelan adalah salah satu tanda rantai motor harus segera diganti. Rantai motor yang longgar bergesekan dengan komponen lain sehingga menimbulkan suara berisik.

  1. Rantai tidak mengencang secara stabil.

Kondisi rantai yang tidak stabil ini dapat terlihat saat roda belakang diputar dengan posisi motor distandartkan tengah. Pada saat roda belakang motor diputar maka rantai motor akan terlihat kendor dan kencang sendiri.

  1. Rantai motor mudah kendor atau mudah kencang.

Rantai motor yang terlihat tidak stabil dan dapat berubah saat menjadi sangat kendor saat dikendorkan sedikit atau sangat kencang saat dikencangkan sedikit merupakan pertanda rantai motor harus segera diganti.

  1. Kopling yang terasa meloncat.

Rantai dan gear yang sudah tidak layak ini dapat menyebabkan perubahan dimensi sehingga kopling akan terasa meloncat.

Demikian beberapa Ciri-ciri Rantai Motor Harus Diganti untuk keamanan dan keselamatan pengemudi. Perhatikan komponen rantai motor ini agar lebih nyaman saat berkendara.

Artikel Terkait

Ciri-ciri Rantai Motor Harus Diganti Untuk Keamanan | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5