Ciri-Ciri CDI Motor Rusak dan Cara Mengecek

Ciri-Ciri CDI Motor Rusak dan Cara Mengecek – Bagi anda pemiliki kendaraan bermotor jika mengalami masalah pada motor anda, terutama pada masalah kelistrikan pastinya akan membuat anda repot. Karena masalah kelistrikan ini tidak semuanya bisa, belum tentu yang tahu tentang mesin motor tahu tentang masalah kelistrikan. Jika komponen-komponen pada motor anda mulai bermasalah sebenarnya awalnya ada gejala yang bisa anda kenali.

Komponen-komponen kelistrikan seperti CDI, aki, koil, busi, pulser dan lainya memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Tentunya untuk ciri-ciri mengidentifikasi jika komponen tersebut bermasalah tentunya juga berbeda-beda tiap jenisnya. Contohnya saja kita mengenali tetang ciri ciri CDI motor yang mengalami kerusakan. CDI sendiri pada motor berguna untuk mengatur waktu dimana meletiknya api yang ada dibusi untuk membakar bahan bakar motor anda yang telah didapatkan oleh piston.

ciri ciri CDI motor rusak

Ciri-Ciri CDI Motor Rusak

Selain rusak, CDI ternyata juga bisa melemah kerjanya, tanda-tandanya biasanya dapat dikenali ketika motor anda merasa berat saat diajak lari kencang, nah segeralah anda melakukan cek pada CDI anda mungkin mulai melemah kerjanya. Lebih parah lagi sebenarnya ketika CDI anda rusak, ketika rusak ini anda diharuskan untuk mengantinya dengan yang baru sehingga bisa normal kembali.

Advertisement
cara mengecek CDI rusak

cara mengecek CDI rusak

Untuk mengecek apakah CDI motor anda rusak dapat dilakukan dengan pengetesan beberapa langkah dibawah ini:

  1. Gunakan alat AVOMETER setel dayanya pada sinus 200 Volt.
  2. Pada Avometer, kabel yang berwarna merah (muatan positif) hubungkan pada kabel pada CDI yang mengarah ke bagian koil.
  3. Untuk kabel yang berwarna hitam (muatan negatif) pada Avometer dapat anda hubungkan ke body motor anda atau ke massa.
  4. Seleteh semua kabel sudah dihubungkan, langkah selanjutnya nyalakan motor anda dengan electric starter atau bisa juga menggunakan kick starter, lalu cek Avometer tadi ada arus yang keluar masuk atau tidak.
  5. Jika tidak ada tegangan maka dipastikan CDI anda mengalami kerusakan.
  6. Jika rusak segeralah mengantinya dengan yang baru.

Untuk anda yang tidak memiliki Avometer, anda daoat melakukanya pengecekan CDI anda dengan mudah yaitu ambilah kabel CDI yang mengarah ke KOIL, lalu arahkan ke body motor anda, setelah itu nyalakan motor anda dengan kick maupun elektrik, jika terjadi percikan bunga api maka CDI anda masih layak untuk digunakan.

Nah demikian pembahasan mengenai ciri ciri CDI motor rusak yang dapat anda praktekan dirumah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semuanya.

Terima kasih

TAG

ciri ciri cdi mati,ciri ciri cdi rusak,ciri CDi motor rusak,ciri cdi rusak,ciri ciri cdi motor rusak,tanda cdi brt rusak,ciri cdi rusak pada motor,ciri2 cdi rusak,tanda cdi rusak,ciri ciri cdi brt rusak

Artikel Terkait

Ciri-Ciri CDI Motor Rusak dan Cara Mengecek | Eril Obeit Choiri | 4.5