Ciri-ciri Busi Mobil Yang Harus Diganti dan Cara Mengganti

Ciri-ciri Busi Mobil Yang Harus Diganti dan Cara Mengganti – Setiap kendaraan di dalam mesin pasti membutuhkan peran dari busi. Semua pemilik kendaraan pernah melihat seperti apa bentuk dari busi, namun tidak banyak yang tahu fungsi dari busi. Busi merupakan satu komponen yang dibutuhkan satu kendaraan untuk menghidupkan mesin. Busi bertugas menghasilkan bunga api listrik yang berguna sebagai alat membakar campuran bahan bakar udara di dalam silinder kendaraan. Tetapi umur dari busi tidak selamanya, dan akan berkurang kualitasnya dalam jangka waktu tertentu. Ciri Busi Mobil Harus Diganti tentu sangat membantu Anda untuk mencegah terjadinya busi mati saat perjalanan. Lalu apa saja Ciri Busi Mobil Harus Diganti dengan yang baru?

Berikut ini beberapa Ciri Busi Mobil Harus Diganti dengan yang baru:

  1. Amati ujung insulator dan electrode busi, jika menunjukkan wana abu-abu terang atau coklat agak merah maka kondisi pengapian mesin dalam kondisi prima, tetapi jika Anda melihat ujung insulator, electrode dan busi sudah tertutup kotoran berwarna hitam seperti sisa pembakaran maka sebaiknya segera mengganti busi dan menyeting kembali setelan mesin.

Ciri Busi Mobil Harus Diganti

Advertisement
  1. Ciri Busi Mobil Harus Diganti berikutnya adalah dari suara atau peforma mesin dimana lebih sering tersendat dan lambat dalam akselerasi. Selain itu suara knalpot yang meledak-ledak akan terdengar jika busi dalam keadaan tidak baik. Untuk meminimalisir kondisi segeralah mengganti busi dengan yang baru.
  2. Selanjutnya dari Ciri Busi Mobil Harus Diganti adalah konsumsi bensin yang jauh lebih boros daro biasanya. Hal itu disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna sehingga memaksa mesin untuk mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Itulah beberapa Ciri Busi Mobil Harus Diganti yang bisa Anda cermati. Jangan lupa juga untuk mengetahui cara atau langkah-langkah dalam mengganti busi mobil. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah dalam mengganti busi mobil:

  1. Setelah Ciri Busi Mobil Harus Diganti mulai muncul maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan bagian busi menggunakan semprotan angin berkekuatan tinggi. Fungsi dari semprotan tersebut untuk membersihkan kerak yang menempel di busi.
  2. Setelah dibersihkan lepaskan kawat busi dengan cara memutar tutup karet sembari menariknya. Anda dilarang untuk langsung menarik kabel busi karena bisa menyebabkan kerusakan. Lakukan dengan perlahan hingga busi terlepas dari socketnya.
  3. Dalam menangani Ciri Busi Mobil Harus Diganti ini Anda dilarang untuk menjatuhkan benda apapun di atas sillinder mesin dan piston. Kerusaan pada silinder akan semakin parah jika ada benda asing masuk kedalamnya.
  4. Pastikan Anda sudah menyiapkan busi baru yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil. Setelah selesai dicopot maka pasanglah busi pada masing-masing silinder mesin.

Itulah beberapa tips mengatasi Ciri Busi Mobil Harus Diganti, semoga bermanfaat.

TAG

ciri ciri busi mobil harus diganti,ciri busi mobil harus ganti,umur pengantian busi mobil taruna,gejala busi mobil harus diganti,dimama letak posisi busi apv suzuki,cara mengganti busi xenia,cara mengganti busi mobil apv,cara membuka busi mobil apv,cara ganti busi mobil terios,cara ganti busi mobil

Artikel Terkait

Ciri-ciri Busi Mobil Yang Harus Diganti dan Cara Mengganti | Rico TP | 4.5