Ciri-Ciri Aki Soak Atau Rusak dan Harus Diganti

Ciri-Ciri Aki Soak Atau Rusak dan Harus Diganti – Aki merupakan salah satu komponen utama kelistrikan pada mobil atau motor. Rusak atau soaknya aki mengakibatkan tidak berfungsinya berbagai proses dalam mengoperasikan mobil atau motor. Ciri-ciri aki soak atau rusak dapat dikenali sehingga anda tidak perlu ragu untuk memastikan apakah gangguan kelistrikan itu diakibatkan oleh aki yang rusak atau bukan. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi ciri-ciri aki soak atau rusak. Untuk lebih detail dan jelasnya ciri-ciri tersebut, anda dapat menyimaknya dari beberapa uraian kami di bawah ini terkait dengan topik tersebut.

Ciri-ciri Aki Soak atau Rusak dengan Melihat Performa Kendaraan

Jika dilihat berdasarkan jenisnya, cukup mudah untuk mencirikan suatu aki basah itu rusak atau tidak. Ciri-ciri aki soak atau rusak tersebut dapat dikenali dari beberapa komponen yang warnanya berubah dan bentuknya berubah di dalam aki. Akan tetapi, untuk mengetahui ciri-ciri aki kering soak atau rusak memang agak susah jika hanya mengamati dari fisiknya. Biasanya anda dapat merasakan tanda-tanda tersebut ketika posisi motor sedang ON. Pada aki yang masih sehat atau prima anda hanya memerlukan satu kali tekan untuk menyalakan motor anda. Jika aki anda dalam keadaan sebaliknya, anda memerlukan berkali-kali menekan starter. Lebih parahnya, anda perlu menggunakan kick starter untuk menyalakannya.

aki kering

aki kering

Tidak hanya itu, ciri-ciri aki soak atau rusak dapat diketahui dengan mengamati bagian lampu motor atau mobil anda. Jika lampunya terlihat redup, entah lampu utama ataupun lampu speedometer, aki anda bisa dikatakan soak atau rusak. Lampu tersebut terlihat lebih redup jika tidak digas dan akan kembali terang ketika digas. Begitupun dengan suara klaksonnya, dimana suaranya akan terdengar melemah saat dibunyikan.

Advertisement

Ciri-ciri aki soak atau rusak dapat dikenali juga dengan melihat hal-hal berikut.Salah satunya yaitu dengan mengamati tegangan aki setelah mobil anda tidak dipakai dalam 1 minggu. Jika tegangannya drop dalam satu minggu tanpa pemakaian, itulah salah satu ciri-cirinya. Di samping itu, ciri-ciri aki motor atau mobil anda soak atau rusak yaitu sulitnya menyetarter motor pada pagi hari. Adapun starter motor akan menjadi mudah jika mesin telah panas. Untuk perjalanan jauh kendaraan anda akan sulit untuk distarter setelah berhenti. Jika dalam 2 jam perjalanan tanpa henti dan kemudian berhenti , kemungkinannya dua hal yaitu masalah pada pengisian atau aki tidak menyimpan.

Ciri-ciri Aki Soak atau Rusak dengan Melihat Kondisi Aki

Untuk mengetahui ciri-ciri aki soak atau rusak anda dapat melihat kondisi akinya. Jika panasnya meningkat dari biasanya hal ini menandakan masalah pada aki anda. Suhu aki juga akan cepat naik ketika dicas dengan cara yang benar. Selain itu, air aki jugamudah berkurang tidak seperti anda membeli aki pada kondisi baru. Jika kondisi aki lebih hangat di pagi hari, kemungkinan terjadi kebocoran pada arus aki. Anda dapat juga mengamati body aki apakah menggelembung atau tidak. Jika menggelembung atau tidak kotak sepertipada awalnya, aki anda rusak.

Sebagai tambahan, ciri-ciri aki soak atau rusak dapat diketahui dengan melihat tegangan aki tersebut. Aki yang baik bertegangan 12.6 V sedangkan aki yang bertegangan kurang dari 12 volt bisa dipastikan mengalami kerusakan. Aki yang seperti ini tidak mampu berfungsi menampung tegangan listrik dengan maksimal. Sangat dianjurkan bagi anda untuk memperhatikan kondisi air aki agar selalu di atas batas minimal. Untuk itu anda dianjurkan membawa air accu guna menambah batas ketinggian air aki.

Ciri-ciri aki soak atau rusak dapat dikenal dengan melihat kondisi aki itu sendiri ataupun gejala-gejalanya pada motor atau mobil anda.

TAG

Ciri ciri aki motor soak,ciri aki motor soak,ciri ciri aki soak,ciri ciri aki kering soak,ciri aki soak,ciri aki motor rusak,ciri ciri aki motor rusak,ciri aki rusak,ciri ciri aki rusak,ciri aki kering rusak

Artikel Terkait

Ciri-Ciri Aki Soak Atau Rusak dan Harus Diganti | Neng Gina Nurhidayati | 4.5