Cara Pasang Oil Cooler Pada Sepeda Motor

Cara Pasang Oil Cooler Pada Sepeda Motor – Bagi anda yang setiap hari menggunakan motor dengan jarak yang lumayan jauh atau bagi anda yang suka touring pastinya mendambakan motornya selalu keadaan prima dengan performa yang bagus. Dengan begitu anda akan merasa nyaman saat bepergian menggunakan motor anda walaupun jarak jauh sekalipun.

Akan tetapi masalah yang susah dihilangi adalah ketika sudah berjalan jauh pastinya mesin akan panas padahal kita selalu tepat waktu saat service dan menganti oli secara rutin. Nah jalan satu-satunya yang bisa dilakukan untuk mengiurangi panas mesin yang berlebihan tersebut yaitu dengan memasang Oil Cooler, alat ini fungsi utamanya yaitu menjaga agar oli tidak mudah panas sehingga mesin menjadi tidak mudah panas. Tetapi ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pemiliki motor tentang cara pasang oil cooler yang benar, jika sampai salah maka akan berakibat fatal pada mesin anda.

cara pasang oil cooler

Cara Pasang Oil Cooler

Oleh karena itu disini saya akan membagikan tentang cara pasang oil cooler yang benar dan mudah yang dapat anda praktekan dirumah. Langsung saja saya bahas dibawah ini secara jelas.

Advertisement

Sebenarnya banyak yang salah kaprah tentang cara memasang oil cooler yang benar, yang dimaksud kebanyakan orang tersebut adalah jalur oli yang dipotong dan masuk ke oil cooler dengan dibuat percabangan atau bisa disebut dengan model paralel. Nah dengan model tersebut maka aliran oli ke bagian mesin tidak bisa maksimal sehingga kinerja mesin menjadi tidak maksimal juga.

cara pasang oil cooler dengan benar

cara pasang oil cooler dengan benar

Paralel yang dimaksud diatas adalah aliran oli yang berasal dari pomba dibuat percabangan menjadi 2 bagian. Bagian 1 menuju ke silinder head dan bagian lainya menuju ke bagian oil cooler selanjutnya diteruskan ke bak filter oli. Dengan model paralel tersebut maka pelumasan ke bagian mesin tidak maksimal karena volume dari oli tersebut akan terbagi menjadi 2 bagian.

Yang benar adalah cara pasang dengan model seri, yaitu pada bagian pompa langsung masuk ke bagian oil cooler, nah dibagian oil cooler ini oli bisa didinginkan selanjutnya setelah dingin bisa diteruskan ke bagian mesin. Otomatis dengan model seri ini pelumasan menjadi lebih baik dan tentunya mesin akan lebih tahan panas dan umur komponen pada mesin menjadi lebih awet.

Untuk biaya pemasangan oil cooler kira-kira sebesar 400rban tergantung kualitas dari oil cooler tersebur. Demikian pembahasan mengenai cara pasang oil cooler pada motor yang benar.

Terima kasih

TAG

cara pasang oil cooler pada motor,cara memasang oil cooler,Cara pasang oil cooler di mio,Cara pasang oil cooler di mio yang benar,cara pasang oil cooler di motor,cara pasang oil cooler di yamaha mio,cara pasang pendingin oli yg benar pada motor verza,cara pemasangan oil cooler pada bajaj

Artikel Terkait

Cara Pasang Oil Cooler Pada Sepeda Motor | Eril Obeit Choiri | 4.5