Cara Mudah Merawat Ban Mobil Biar Awet

IKLAN

Cara Mudah Merawat Ban Mobil Biar Awet – Berikut ini cara merawat ban mobil biar awet tanpa pergi ke bengkel. Mulai dari memperhatikan tekanan udara ban, merotasi ban dan spooring ban secara rutin, menjaga kebersihan ban, biasakan hindari lubang-lubang saat berkendara, tetap merawat ban saat mobil tak dipakai. Dengan perawatan yang baik, ban mobil bisa tahan lama dan awet. Tak hanya bodi dan mesin saja yang jadi perhatian.

Cara merawat ban mobil biar awet

  1. Cek tekanan udara ban

Besaran tekanan udara ban diatur sesuai standar pabrik. Tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggi. Pengecekan tekanan udara ban sebaiknya dilakukan 2 minggu sekali. Jika tak memiliki alat ukur tekanan ban, cek di bengkel sebulan sekali. Pengecekan tekanan sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat suhu udara rendah sehingga udar di dalam ban belum memuai. Isi udara ban berupa gas nitrogen jauh lebih baik dibandingkan dengan isi angin biasa.

cara merawat ban mobil biar awet

Cara Merawat Ban Mobil Biar Awet

IKLAN
  1. Rotasi ban dan spooring ban secara rutin

Lakukan rotasi ban depan dan belakang. Unuk rotasi ini biasanya dilakukan oleh mekanik di bengkel. Rotasi ban bertujuan untuk mencegah adanya tekanan dari ban mobil yang tak sebanding sehingga keausan ban berbeda-beda waktunya. Di samping itu, spooring ban bertujuan untuk menjaga umur ban.

  1. Menjaga kebersihan ban

Jaga kebersihan ban dari kerikil-kerikil atau pasir yang terperangkap di antara sela-sela pola ban. Sebab, keriril-kerikil dan pasir ini bisa menghasilkan gesekan yang kuat dengan permukaan jalan yang bisa memperberat keausan ban. Terlebih lagi, kerikil-kerikil yang berbentuk tajam karena bisa menekan masuk ke dalam permukaan ban. Pembersihan ini sebaiknya dilakukan seminggu sekali sambil memanaskan mesin.

  1. Hindari lubang-lubang saat berkendara

Ban yang sering melewati jalan berlubang-lubang atau tak beraturan akan membuat ban cepat aus. Sering berjalan di atas jalan aspal berlubang-lubang juga membuat oli pada shocbreaker jadi boros yang membuat mobil tak seimbang (balance). Solusinya, saat diharuskan melewati jalan berlubang-lubang, berjalanlah pelan-pelan.

  1. Tetap merawat ban saat mobil tak terpakai

Mobil yang jarang dipakai atau sering didiamkan akan membuat ketahanan ban terganggu. Hal ini terjadi karena suhu udara tak bisa diperkirakan, sedangkan ban tetap menerima risiko pemuaian. Solusinya, lindungi ban dengan cara ditutup atau dibungkus dengan kain atau pembungkus khusus ban.

IKLAN

Cara merawat ban mobil biar tetap awet di atas bisa dilakukan oleh siapa saja.

IKLAN

Artikel Terkait

IKLAN
Cara Mudah Merawat Ban Mobil Biar Awet | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5