Cara Merawat Transmisi Manual Mobil Supaya Tidak Cepet Rusak

Cara Merawat Transmisi Manual Mobil Supaya Tidak Cepet Rusak – Beberapa hal yang yang harus diperhatikan untuk cara merawat transmisi manual mobil, antara lain: setelan ketinggian kopling, kualitas oli transmisi, pilih suku cadang asli, penggunaan kopling, dan penggantian oli transmisi. Banyak kaum muda yang memilih transimisi manual karena ada tantangan dan sport, perawatan lebih murah, tarikannya lebih responsive dan kuat. Oleh karena itu, mobil transimisi manual harus dijaga supaya lebih halus, enak, dan awet.

Cara merawat transmisi manual mobil supaya halus, enak, dan awet perlu perhatikan poin-poin berikut ini:

  1. Setelan ketinggian kopling

Tujuannya, memperhalus dan mempercepat perubahan gigi pada transimisi manual. Jarak pedal kopling yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan perpindahan gigi menjadi kasar. Setelan bisa dikerjakan dari pedal kopling atau bisa juga lewat kabel yang berhubungan dari kopling ke transimsi yang ada di sisi mesin. Hanya saja perlu diperhatikan, jarak kopling dengan transimisi yang terlalu dekat bisa menambah gesekan pada ke dua sisinya. Hal ini juga dapat mempercepat keausan kopling.

cara merawat transmisi manual mobil

Advertisement

Cara Merawat Transmisi Manual Mobil

  1. Kualitas oli transimisi

Tujuan pemakaian oli transimisi berkualitas yaitu mempercepat dan memperhalus pengoperasian transimis manual mobil. Disarankan menggunakan type oli fully syntetis dengan viscositas 75-90 W. Pelumas ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut: encer, tahan panas, penyusupan oli ke bagian-bagian sisi transmisi lebih cepat, dan mampu memberi proteksi pada transmisi secara maksimal.

  1. Pilih suku cadang asli

Pakailah suku cadang asli atau orisinal. Ini demi memperpanjang usia pemakaian kopling. Pemakaian suku cadang tiruan bisa berakibat fatal, yaitu memperpendek  usia pemakaian kopling dan perpindahan transmisi manua menjadi kurang halus. Keuntungan lainnya, membeli suku cadang asli akan diberi garansi, mulai dari 6 bulan sampai 2 tahun sehingga bila barang rusak bisa dikembalikan.

  1. Penggunaan kopling

Jaga jarak peletakkan kaki di kopling supaya tak lekas aus sewaktu gigi sudah masuk dan kendaraan telah berjalan. Jaga kaki Anda tak menyentuh pedal kopling. Efek dari sering terlalu dekat meletakkan kaki di kopling, bisa menambah friksi pada kopling dan transimisi yang pada akhirnya memperpendek usia kopling itu sendiri. Terlebih lagi bila saat sedang berkendara yang jauh bisa mengakibatkan kemacetan pada sistem transmisi.

  1. Penggantian oli transmisi

Lakukan pergantian oli transmisi secara teratur. Disarankan melakukan pergantian oli setiap 15.000 km atau 8.000 mil. Penggantian yang teratur akan mengurangi friksi pada sekitar transmisi, pengoperasian gigi menjadi halus dan mudah dipindahkan.

Itulah yang bisa dipaparkan tentang Cara Merawat Transmisi Manual Mobil. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Cara Merawat Transmisi Manual Mobil Supaya Tidak Cepet Rusak | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5