Cara Merawat Pintu Geser Mobil Supaya Awet Terus

Boleh dibilang cara merawat pintu geser mobil perlu ekstra lebih. Pasalnya, jenis pintu mobil geser atau sliding memiliki dua cara membuka yaitu otomatis dan manual. Supaya pintu ini tetap lancar bisa buka tutup dan mampu menutup dengan rapat. Apalagi pintu geser memiliki kesan lebih tampak berkelas atau premium. Namun, saat ini pintu sliding sudah menjadi fitur untuk mobil berbagai tingkatan kelas.

Untuk membuka pintu sliding mobil ada dua cara. Pertama, buka tutup pintu sliding secara otomatis dan manual. Untuk cara otomatis, tinggal pencet tombol “power door” saja, maka pintu mobil akan terbuka dengan sendirinya.

cara merawat pintu geser mobil

Cara merawat pintu geser mobil

Untuk perawatan pintu sliding mobil, perlu dijaga kebersihan rel pintu mobil. Bersihkan bagian rel di bodi mobil dengan posisi pintu mobil tertutup. Pembersihan ini memakai kuas kering. Sesudah itu, semprotkan contact cleaner atau WD40 spray supaya kotoran larut dan sisa gemuk (graise) yang tampak kotor atau kerak.

Advertisement

Usai penyemprotan, usaplah rel pintu mobil dengan memakai lap bersih. Lakukan beberapa kali pengusapan sampai benar-benar yakin rel pintu sliding mobil sudah bersih dan bisa bergerak dengan lancar.

Langkah terakhir yaitu lakukan pelumasan kembali rel pintu sliding atau geser dengan memakai gemuk. Lakukan pelumasan ini tipis-tipis saja. Cukup dioles-oleskan saja pada bagian rel. Bila pemberian gemuk terlalu banyak atau tebal, biasanya malah cepat kotor.

Teknik pembersihan rel pintu sliding atau geser di atas diterapkan juga pada rel bagian bawah (dekat pijakan kaki). Hanya saja, dalam pembersihan rel ini dilakukan dengan membuat pintu mobil pada posisi terbuka.

Di samping cara merawat pintu geser mobil dengan cara pembersihan, si pemilik mobil harus juga disertain dengan pemakaian yang benas. Ulasan selanjutnya ini tentang cara memakai pintu geser mobil supaya tak cepat rusak.

Hindari pemaksaan atau mempercepat laju pintu geser saat sedang aktif. Cara buka pintu otomatis yang baik yaitu menekan tombol “power door” atau dengan menarik pegangan handle pintu. Saat handle pintu ditarik, jangan memaksa dilempar ke arah belakang.

Sedangkan untuk membuka pintu secara manual, bukalah tutup pintu geser mobil secara halus tanpa ada hentakan. Sebab, benturan keras akan menyebabkan pengait pintu rusak atau pintu mobil tak dapat menutup sampai benar-benar rapat.

Tips cara merawat pintu geser mobil biar berfungsi dengan baik, jangan sering-sering membuka menutup pintu sliding berulang-ulang atau terlalu sering. Sebab, aki mobil akan cepat habis atau tekor. Sering-sering saja pakai car manual saja.

Artikel Terkait

Cara Merawat Pintu Geser Mobil Supaya Awet Terus | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5