Cara Merawat Mobil Avanza Bekas Supaya Tetap Awet

Cara merawat mobil avanza bekas biar performanya tetap bagus, perlu memperhatikan beberap hal, diantaranya: aki mobil, velg dan ban, tutup samping foglamp, sirip ventilasi, lingkaran pegas spiral, mesin terlalu dingin atau panas, penurunan tenaga mesin, dll. Memang cukup diakui kalau mobil avanza termasuk bandel dalam perwatannya. Walau begitu kenadaraan multi tujuan (MPV) ini buruan banyak orang, terutama untuk kebutuhan rumah tangga.

Cara merawat mobil avanza bekas tetap pada performa yang bagus

  1. Kondisi aki mobil

Seringkali ditemukan aki mobil yang tekor atau kekurangan tenaga. Hal ini terjadi bila semua perangkat elektronik dipakai berbarengan. Tanda-tandanya, mesin sulit dihidupkan saat akan dinyalakan, suhu aki cepat naik. Solusinya, naikkan kabel kutub negatif aki yang menempel ke bodi mobil.

Cara merawat mobil avanza bekas

Cara merawat mobil avanza bekas

  1. Velg dan ban

Velg serta ban terlalu menjorok keluar badan mobil. Terutama di bagian depan. Solusinya, velg dan ban diganti dengan ukuran yang lebih lebar seperti pada shock absorber aftermarket yang memiliki mangkuk lebih tinggi maupun lebarnya.

Advertisement
  1. Tutup samping foglamp

Pada Toyota Avanza varian G dan E sering ditemukan tutup samping foglam mudah lepas. Penebabnya adalah pengait tutup foglamp kurang tebal. Solusinya, tukar komponen ini dengan komponen yang dimiliki Daihatsu Xenia Xi yang memiliki tutup rapat, sedikit tebal, dan keras.

  1. Sirip ventilasi

Sirp ventilasi yang terletak di bagian bawah wiper sering ditemukan mudah pudar, terjadi pelapukan, dan ada noda-noda putih. Solusinya, hentikan memakai silicon pengkilap plastik dengan semir pasta warna hitam.

  1. Lingkaran pegas spiral

Kondisi lingkaran pegas spiral yang terlalu lebar mengakibatkan tak bisa mendukung bodi serta shock absorber. Solusinya, butuh pergantian pegas beserta shock absorber yang berkarakter lebih keras.

  1. Kondisi mesin

Seringkali dialami oleh pengemudi, kondisi mesin yang terlalu dingin (pagi hari) atau panas (mesin dipakai untuk perjalanan jauh) sulit dihidupkan. Butuh perhatian bagian beberapa komponen seperti kondisi terminal aki dan tegangan aki. Perlu dilakukan pembersihan, pemeriksaan injector bahan bakar, pengatur desakan bahan bakar, persoalan choke, kompresi silinder, dll. Ada kalanya suara mesin mendesis yang menunjukkan adanya tanda-tanda kerusakan komponen mobil.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal Cara merawat mobil avanza bekas. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk bisa menampilkan performanya yang baik terus-menerus sehingga mobil besutan pabrikan Toyota ini enak dan nyaman dikendarai.

TAG

cara merawat mobil avanza bekas,merawat mobil avanza

Artikel Terkait

Cara Merawat Mobil Avanza Bekas Supaya Tetap Awet | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5