Cara Merawat Mesin Motor Kawasaki Ninja

Cara Merawat Mesin Motor Kawasaki Ninja – Perkembangan motor di zaman modern saat ini sangat cepat mulai dari desainnya hingga mesin. Banyak pabrikan motor besar memberikan inovasi dengan mengeluarkan produk baru. Salah satu pabrikan motor besar yaitu Kawasaki kini tengah meluncurkan merek baru dari seri Ninja yakni Kawasaki Ninja 250R. Seperti yang kita tahu merek motor Kawasaki Ninja semakin banyak diminati pecinta motor sport. Tetapi banyak pengguna motor Kawasaki ini belum mengerti betul cara merawatnya. Ada beberapa Cara Merawat Mesin Motor Kawasaki yang bisa dilakukan para pecinta motor. Lalu apa saja langkah-langkah atau Cara Merawat Motor Kawasaki?

Cara Merawat Mesin Motor Kawasaki

Berikut ini beberapa Cara Merawat Motor Kawasaki Ninja yang bisa Anda lakukan:

Advertisement
  1. Cara pertama yang bisa dilakukan ketika membeli Kawasaki Ninja baru adalah menggunakannya dengan lembut. Meskipun masuk dalam kategori motor sport, dalam penggunaannya harus berhati-hati seperti tidak menghentak gas dengan kecepatan tinggi. usahakan jangan memakai Kawasaki hingga putaran mesin tinggi.
  2. Cara Merawat Motor Kawasaki selanjutnya adalah pada pergantian oli pilih pelumas yang berkualitas tinggi sesuai dengan tipe mesin. Sebaiknya ganti oli mesin setelah mencapai 2.000 km. Jangan sampai terlambat dalam mengganti oli mesin karena bisa berakibat fatal terhadap umur mesin.Pemakaian oli samping juga harus diperhatikan, usahakan pilih oli samping yang berkualitas tinggi.
  3. Cara Merawat Motor Kawasaki yang benar adalah memperhatikan kualitas bahan bakar. Jenis bahan bakar untuk motor Kawasaki Ninja harus menggunakan oktan di atas 92 atau bisa memakai pertamax atau pertamax plus. Memang cukup mahal namun itulah standar untuk motor berkelas sport. Sebisa mungkin lakukan Cara Merawat Motor Kawasaki dengan konsisten bukan tidak mungkin kualitas mesin akan tetap awet dan terjamin kualitasnya.
  4. Selain memperhatikan bensin atau bahan bakar, dalam Cara Merawat Motor Kawasaki Ninja harus memperhatikan fungsi radiator. Fungsi dari radiator ini adalah untuk mengalirkan air untuk mendinginkan mesin. Radiator pada Kawasaki Ninja akan bekerja secara optimal jika perawatan radiator selalu diperhatikan. Jika tidak dirawat maka pada saat mesin dalam suhu di atas 100°C mesin akan tersiksa dan tidak dapat bekerja dengan maksimal. Pergantian water coolant juga menjadi perhatian dalam Cara Merawat Motor Kawasaki Proses pergantian water coolant harus dilakukan pada saat radiator dalam kondisi dingin.
  5. Pada saat kondisi mesin Kawasaki Ninja panas, jangan panic cara pertama adalah mencari tempat teduh dan matikan mesin sejenak selama 15 menit hingga air di dalam radiator dingin. Jangan sekali-kali membuka tutup radiator pada saat mesin masih panas.

Itulah beberapa ulasan mengenai Cara Merawat Motor Kawasaki Ninja yang benar. Semoga informasi di atas memberikan manfaat untuk Anda.

TAG

hal-hal yang harus di perharikan untul menjaga keawetan mesin kawasako klx

Artikel Terkait

Cara Merawat Mesin Motor Kawasaki Ninja | Rico TP | 4.5