Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap dan Cantik

Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap dan Cantik – Masih banyak yang belum tahu cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap dan bersih. Tak cukup hanya mengguyang mobil dengan air dan sabun saja, tapi harus juga mengetahui sebab-sebab mengapa cat mobil kita menjadi kotor. Pudarnya cat dan penurunan kualitas cat bisa disebabkan oleh proses alami maupun karena sebab-sebab lainnya. Misalnya saja, disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dan paparan berbagai zat bahan kimia yang bersifat korosif.

Berikut ini beberapa bahan kimia yang bisa merusak body mobil, antara lain: kotoran burung dan serangga, sumber polutan di udara, pemoles mobil, garam, dll. Begini cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap karena sebab-sebab di atas.

cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap

Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap

  1. Tinja burung atau serangga

Bila tinja burung atau serangga yang masih basah, sangat mudah membersihkannya, cukup diguyur dengan air bersih dan mengelapnya. Lain lagi kalau sudah mengering, perlu ekstra hati-hati. Perlu beberapa tahap pembersihan, mulai dari pembasahan, pengelapan basah, dan pengelapan kering.

Advertisement
  1. Berbagai zat polutan di udara

Udara terdiri dari berbagai zat kimia, baik dalam bentuk partikel padat, cair, maupun gas. Terkadang didapati zat kimia yang bersifat polutan dan korosif. Salah satunya asam nitrat (HNO3). Kadar asam nitrat yang tinggi sangat merusak lapisan cat mobil. Inilah penyebab kusamnya cat mobil.

  1. Pemoles mobil

Pemoles mobil bertujuan untuk mencerahkan cat kendaraan, tapi Anda harus berhati-hati dalam mengaplikasikannya. Pemoles mobil memiliki cara kerja mengikis lapisan cat berbahan abrasive. Bahan-bahan ini mempercepat umur cat mobil. Sedapat mungkin hindari pemakaian pemoles mobil (car polish).

  1. Garam terlarut

Konsentrasi garam yang tinggi di dalam air bisa mempercepat korosi cat mobil.

Supaya cat mobil lawas Anda tetap mengkilap, perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Hindari paparan sinar ultraviolet
  2. Mencuci mobil secara teratur
  3. Mencuci mobil di tempat teduh supaya air pencuci tak cepat kering dan meninggalkan bekas.
  4. Pakai sabun khusus pencuci mobil ber-pH balanced.
  5. Hindari mencuci mobil dengan air panas karena bisa merusak lapisan cat mobil kesayangan Anda.
  6. Lapisi dengan wax (lilin) untuk memberikan shine coating dan pelindung cat dari sinar ultraviolet serta poluttan lainnya.
  7. Sebaiknya waxing dilakukan tiap 2-3 bulan sekali.
  8. Bila ditemukan cat mobil terkelupas atau retak-retak, segera saja lakukan perbaikan. Penundaan berarti membahayakan kondisi cat itu sendiri.

Demikan penjelasan singkat cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap dan cantik.

Artikel Terkait

Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap dan Cantik | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5