Cara Merawat Aki Kering Motor Agar Awet

Cara Merawat Aki Kering Motor Agar Awet – Motor zaman sekarang sudah tidak bisa lepas dengan yang namanya aki, berbeda dengan motor zaman dahulu yang tidak menggunakan aki karena kurangnya teknologi pada kendaraan bermotor. Ada dua jenis aki yang ada dipasaran yaitu aki kering dan aki basah, tetapi sekarang aki basah mulai ditinggalkan karena perawatanya yang lebih rumit, banyak orang yang beralih menggunakan aki kering karena lebih mudah dalam perawatannya.

Lalu pasti anda bertanya-tanya tentang bagaimana cara merawat aki kering, tetapi semua aki memiliki umur masa pakai, biasanya untuk aki kering sekitar 5 tahun baru rusak, tetapi jika anda salah merawatnya maka beberapa bulan saja aki anda sudah tekor alis lemah sehingga sistem kelistrikan pada motor anda terganggu, apalagi untuk motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi yang lebih banyak menggunakan listrik.

Cara Merawat Aki Kering Motor

Cara Merawat Aki Kering Motor

Berikut saya akan menjelaskan mengenai cara merawat aki kering motor agar tahan lama :

Advertisement
  1. Gunakanlah kendaraan bermotor sesering mungkin, agar supply listrik yang masuk bisa stabil sehingga aki menjadi berumur lebih panjang. Jika memang jarang digunakan paling tidak sehari dinyalakan sekitar 5 menit agar terjadi proses pengisinan aki.
  2. Saat pagi hari, usahakan guanakn kick starter jangan menggunakan elektrik starter karena agar oli lebih cepat terpompa kebagian mesin.
  3. Jangan menekan elektrik starter secara terus-menerus saat gagal dalam menyalakan motor, beri jeda 5 detik agar daya kembali normal tetapi jika masih tidak bisa anda harus menggunakan kick starter jangan memaksakan menggunakan elektrik starter.
  4. Selalu cek kondisi pada bagian kabel terminal anda, usahakan agar keadaan selalu bersih dan rapat.
  5. Cek kondisi kiprok motor anda, karena ini adalah komponen yang utama dalam menghasilkan listrik.
  6. Hindari jalan yang berlubang, karena jika serinng melewati jalan yang berlubang maka komponen yang ada pada bagian aki kering akan cepat rusak sehingga masa pakainya akan berkurang.
  7. Jika aki mulai dayanya berkurang, lakukan pengecasan pada tukang aki, biasanya memakan waktu beberapa jam agar aki kembali normal.

  8. Hindari menggunakan aksesoris tambahan pada motor anda, karena aki standart yang ada pada motor sudah disesuaikan dengan kebutuhan motor, jika anda ingin menambah aksesoris seperti lampu HID, TOA, Klakson besar maka anda juga harus mengupgrade kapasitas daya aki anda.

Nah, demikian pembahasan mengenai cara merawat aki kering motor agar tahan lama.

Terima kasih

TAG

Cara membongkar aki kering,cara membersihkan aki kering,cara memperbaiki aki kering yang lemah,cara memperbaiki aki kering yuasa,cara servis aki kering,gambar cara membongkar aki kering

Artikel Terkait

Cara Merawat Aki Kering Motor Agar Awet | Eril Obeit Choiri | 4.5