Cara Menghilangkan Karat di Motor Praktis

Cara Menghilangkan Karat di Motor Praktis – Tahukah anda cara menghilangkan karat di motor? Mungkin ada yang sudah tahu, tetapi ada juga yang belum terlalu paham. Karat pada motor seringkali muncul karena beberapa sebab. Biasanya bagian yang paling sering mengalami karat adalah knalpot sebagai pembuangan akhir gas hasil pembakaran. Tentunya jika knalpot mengalami karat, hal ini menjadi berbahaya bagi motor. Mengingat bahwa knalpot merupakan salah satu bagian vital dari sebuah kendaraan. Jika terjadi karat maka akan rentan mengalami pengeroposan. Akibatnya akan timbul lubang pada dinding knalpot yang membuat aliran pembuangan gas menjadi tidak lancar. Akibatnya motor pun menjadi semakin kurang bertenaga. Knalpot yang berlubang juga bisa menyebabkan bunyinya menjadi berubah. Maka dari itu, karat harus segera dihilangkan.

Cara Menghilangkan Karat di Motor Praktis

Tips Menghilangkan Karat pada Motor

Advertisement

Cara menghilangkan karat di motor yang pertama adalah dengan menggunakan oli bekas. Terutama untuk bagian knalpot. Cara ini dibilang sangat mudah dan harganya juga murah. Oli memiliki kelebihan bisa menahan suhu panas yang diakibatkan karena proses pembakaran mesin sehingga knalpot pun bisa tetap dingin. Untuk menggunakan oli, anda cukup memasukkan oli bekas pada lubang knalpot yang mengalami karat. Ketika suhu knalpot naik, maka akan ada asap yang keluar. Tetapi hal tersebut masih terbilang wajar dan akan kembali normal lagi.

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan stempet. Ternyata alat yang satu ini bisa dijadikan salah satu alternatif cara menghilangkan karat di motor yang cukup ampuh. Bagi anda yang tidak tahu, stempet dikenal juga sebagai vaselin. Untuk cara penggunaannya hampir sama dengan oli bekas. Panaskan motor terlebih dahulu lalu oleskan stempet pada bagian yang berkarat. Maka karat yang membandel sekalipun akan menghilang. Cara menghilangkan karat di motorlainnya yaitu dengan menggunakan pertamax plus. Cara ini memang lebih merepotkan dan mahal. Caranya yaitu dengan mencampur pertamax plus dan minyak solar. Perbandingannya 1:2. Setelah itu oleskan di bagian yang berkarat dan disikat menggunakan sikat gigi bekas.

Anda juga bisa menggunakan porstex. Jika tidak menggunakan porstex, pilihlah produk pembersih keramik yang sejenis. Bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Cara menggunakannya masih hampir sama, yaitu dengan menuangkan cairan secukupnya dalam sebuah wadah kemudian dioleskan pada bagian berkarat dan digosok menggunakan sikat gigi hingga bagian karat menghilangkan. Pasta gigi juga bisa anda gunakan. Caranya masih sama yaitu dengan dioleskan dan digosok menggunakan lap. Ulangi cara ini hingga beberapa kali untuk mendapatkan hasil terbaik. Cara-cara yang telah disebutkan tadi merupakan cara alternatif. Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Demikianlah cara menghilangkan karat di motor, semoga bisa berguna bagi anda yang sedang membutuhkan.

TAG

apakah solar bisa menghilangkan karat,cara menghilangkan karat pada motor,cara menghilangkan karat pada motor dengan cepat,cara membersihkan mesin motor yang berkarat,cara menghilangkan karat di motor,cara menghilangkan karat pada rantai motor,cara menghilangkan karat dengan solar,cara menghilangkan karat pada mesin motor,cara menghilangkan karat dimotor,cara menghilangkan karat di rantai motor

Artikel Terkait

Cara Menghilangkan Karat di Motor Praktis | Neng Gina Nurhidayati | 4.5