Cara Mengetahui Kampas Rem Mobil Habis

Cara Mengetahui Kampas Rem Mobil Habis – Rem merupakan komponen yang sangat vital pada mobil, karena jika rem anda terjadi masalah maka akan membahayakan anda dan pengendara lain, bisa-bisa nyawa anda melayang karena gara-gara rem. Bagian yang menjadi ujung tombak rem adalah bagian kampas rem, dibagian inilah berputarnya piringan cakram bertemu dengan kampas rem, jika semua komponen yang lain seperti minyak rem, selang rem dan piringan cakram masih bagus semua tetapi pada bagian kampas rem yang habis maka sama saja ini membahayakan pada anda dan orang disekitar anda. Itu sebabnya anda harus melakukan pengantian rem yang berkala secara rutin, jika dirasa kinerja rem yang kurang maksimal berbeda dari bisannya maka segeralah cek apakah sudah waktunya ganti atau belum.

Untuk patokan standart pengantian kampas rem pada mobil matic dan manual memang berbeda, jaraknya hampir setengahnya. Jika mobil manual kampas rem habis rata-rata pada jarak tempuh 60-70 ribu dan untuk mobil matic lebih sedikit lagi yaitu sekitar 35-40 ribu KM. Tetapi ini hanya patokan rata-rata saja, karena memang setiap orang mempunyai gaya mengemudi yang berbeda-beda dengan kecepatan yang berbeda-beda pula. Untuk didaerah yang sering macet, usia kampas rem juga lebih penderk karena rem akan bekerja lebih di kemacetan daripada pada jalan yang lancar.

cara mengetahui kampas rem mobil habis

Cara Mengetahui Kampas Rem Mobil Habis

Advertisement

Selain dengan menggunakan pedoman jarak tempuh, anda bisa menggunakan beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengetahui kampas rem yang sudah habis. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan :

  1. Cek kedalaman pijakan rem

Jika pijakan rem lebih dalam dari biasanya, itu merupakan tanda kampas rem anda mulai habis.

  1. Rem bergetar

Saat kampas rem mulai tipis, maka pada bagian permukaan akan tidak rata sehingga saat pedal rem diinjak akan menimbulkan getaran yang diakibatkan cengkaraman kampas rem yang tidak sempurna.

  1. Suara rem

Jika saat melakukan pengereman terdengan suara berdecit, maka itu tandanya kampas rem anda sudah habis. Ini terjadi karena besi pada bagian kampas rem bertemu dengan piringan cakram sehingga menimbulkan suara berdecit.

  1. Miyak rem yang menurun

Jika volume minyak rem mulai berkurang, itu tandanya kampas rem mulai habis.

  1. Membuka rem secara langsung

Ini adalah cara terbaik dengan mengecek secara langsung dengan membuka komponen rem secara langsung.

Kampas rem habis

Jangan lupa untuk selalu mengecek keadaan kampas rem anda, karena ini merupakan bagian yang sangat penting dalam mobil. Demikian pembahasan mengenai cara mengetahui kampas rem mobil habis.

Terima kasih

Artikel Terkait

Cara Mengetahui Kampas Rem Mobil Habis | Eril Obeit Choiri | 4.5