Cara Mengemudi Mobil Agar Hemat BBM

Cara Mengemudi Mobil Agar Hemat BBM – Mobil-mobil zaman sekarang sudah memiliki teknologi yang bisa menghemat konsumsi bahan bakar mobil anda, apalagi dengan adanya teknologi Hybrid yang menjadikan konsumsi bahan bakar semakin hemat. Tetapi ada satu indikator penting dalam konsumsi bahan bakar yaitu gaya mengemudi dari sopir yang berpengaruh besar terhadap konsumsi bahan bakar. Teknologi sudah bagus tetapi gaya mengemudi yang salah akan percuma saja konsumsi bahan bakar tetap boros.

Pastinya semua pengemudi mobil ingin menghemat bbm saat berkendara dijalanan baik itu lancar ataupun macet. Ada beberapa  cara yang dapat ditempuh agar konsumsi bbm lebih hemat, untuk lebih jelasnya kita bahas dibawah ini :

cara mengemudi mobil hemat bbm

Cara Mengemudi Mobil Agar Hemat BBM

  1. Cek kondisi mesin pastikan selalu keadaan prima

Caranya dengan selalu mengecek sebelum digunakan dan melakukan service secara berkala.

  1. Jaga putaran mesin saat berkendara

Idealnya agar konsumsi bbm hemat, usahakan putaran mesin berada pada 2.500 rpm sampai 3.500 rpm baru melakukan pergantian gigi, jangan menunggu hingga redline karena itu akan membuat putaran mesin lebih cepat sehingga konsumsi bbm meningkat.

  1. Hindari akselerasi dan pengereman yang mendadak

Saat akselerasi maka otomatis mesin bekerja lebih cepat dan saat mengerem dari berhenti untuk melaju pastinya membutuhkan tenaga dari mesin, jadi usahakan agar tetap konstan saat akselerasi ataupun pengereman.

  1. Jaga pedal gas tetap konstan

Jangan sampai menginjak pedal gas dengan cepat, usahakan agar lebih konstan sehingga bbm yang keluar lebih hemat.

Advertisement
  1. Hindari jalan yang macet

Saat berada dikemacetan, anda akan sering melakukan stop and go dan mesin selalu menyala sehingga konsumsi bahan bbm lebih boros.

  1. Matikan AC jika tidak perlu

Karena AC menggunakan kompresor yang membebani mesin, sehingga jika beban berkurang otomatis konsumsi bahan bakar menurun.

  1. Gunakan engine break untuk pengereman

Turunkan gigi secara teratur, ini akan membantu dalam pengereman yang optimal.

  1. Cek tekanan ban

Selalu cek tekanan ban, usahakan agar sesuai standart. Jika ban kurang angin maka gesekan anatar roda dan jalan lebih besar sehingga traksi pada ban berkurang dan ujung-ujungnya membebani kinerja pada mobil.

  1. Kurangi beban

Jangan sampai membawa beban yang melebihi kapasitas, karena mesin akan bekerja lebih keras jika sampai overload.

  1. Gunakan bbm yang sesuai standart

Umumnya tiap mobil memikiki rekomendasi bbm yang dianjurkan dari pabrik, dengan menggunakan bbm sesuai aturan ini manfaatnya mesin akan lebih bersih dalam pembakaran dan tidak meninggalkan kerak atau kotoran sehingga mesin bisa lebih optimal.

Demikian pembahasan mengenai cara mengemudi mobil hemat bbm.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Mengemudi Mobil Agar Hemat BBM | Eril Obeit Choiri | 4.5