Cara Mengatasi Rem Tromol Kurang Pakem Mudah

Cara mengatasi rem tromol kurang pakem terbilang mudah dan sederhana. Prinsip kerjanya yang memakai tromol, lalu ditekan oleh kanvas untuk bisa menghentikan laju. Kurang pakemnya rem tromol bisa membahayakan keselamatan dalam berkendara. Rem tromol berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan saat sedang melaju dengan kecepatan tinggi (top speed). Bayangkan kalau rem ini tak pakem bisa berakibat fatal.

Berikut ini cara mengatasi rem tromol kurang pakem supaya menjadi lebih pakem, antara lain:

  1. Lepaskan tromol dan bersihkan

Lepaskan komponen tromol, lalu dibersihkan. Lepaskan dulu dudukan kampas rem dan tromol secara perlahan-lahan. Bila tromol sudah terlepas, bersihkan dengan memakai kain lap bersih. Bisa juga dengan memakai angin bertekanan tinggi. Bersihkan sampai tak ada debu atau sisa kampas rem yang tertinggal di dalam lubang tromol. Debu dan kotoran bisa terperangkap ke dalam lubang tromol.

cara mengatasi rem tromol kurang pakem

Cara mengatasi rem tromol kurang pakem

Advertisement
  1. Rendam kampas rem motor

Lepaskan kampas rem dari dudukan tromol, lalu direndam dengan menggunakan air biasa sampai meresap. Jemurlah kampas rem di bawah sinar matahari sampai kering. Sesudahnya baru dipasang kembali kampas rem ke dalam lubang atau dudukan rem tromol.

  1. Gunakan sabun colek

Bisa pula memakai sabun colek yaitu dengan cara mengoleskan sabun colek ke bagian tromol dan kampas rem. Pemakaian sabun colek ini membuat rem tromol jadi semakin keset saat ditekan. Rem tromol yang kurang pakem pun bisa menjadi pakem kembali

  1. Beli kampas rem baru

Sebelum diputuskan beli kampas rem baru, ketika melepas tromol, coba periksa ketebalan kampas lem sepeda motor Anda. Apakah masih tebal atau telah habis. Bila memang benar-benar sudah habis, harus diganti dengan kampas rem yang baru. Kampas rem tipis tak akan bisa melakukan pengereman sampai dengan maksimal.

  1. Atur settingan kedalaman rem tromol

Setel tingkat kedalaman rem yang disesuaikan selera pengendara. Semua komponen rem tromol harus sudah terpasang dengan baik dan kuat. Bila ada yang masih kurang, perbaiki lagi, periksa lagi supaya tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Sudah cukup jelas bukan, cara mengatasi rem tromol kurang pakem. Yang jelas jangan abaikan komponen yang satu ini karena memang benar-benar penting untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain. intinya, cek semua sistem pengereman sepeda motor Anda supaya tetap aman saat dikendarai. Baik perjalanan dekat maupun jauh.

TAG

apakah kampas rem baru harus direndam air,lem untuk tromol yang sudah habis

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Rem Tromol Kurang Pakem Mudah | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5