Cara Mengatasi Klakson Mobil Mati Dengan Mudah

Cara Mengatasi Klakson Mobil Mati Dengan Mudah – Klakson mobil merupakan salah satu bagian mobil yang sebenarnya cukup penting meskipun banyak pengendara menyepelekan bagian ini. Terkadang apabila klakson tidak berbunyi dibiarkan saja dan tidak diperbaiki dengan segera. Padahal klakson sangat penting untuk memberikan tanda kepada pengendara yang lain. Apabila klakson mobil mati biasanya akan diperbaiki di bengkel. Sebenarnya cara mengatasi klakson mobil mati itu sangat mudah asalkan mengetahui penyebab klakson mobil mati.

Sebelum melakukan perbaikan pada klakson mobil yang mati ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis klakson terlebih dahulu. Beberapa jenis klakson yang biasanya ada pada mobil yaitu klakson piringan keluaran dari Jepang dan klakson terompet keluaran dari Eropa. Klakson piringan dari Jepang berbentuk tipis, tahan air dan lebih awet. Klakson terompet dari Eropa atau tipe fanfare sangat rentan terhadap air meskipun hanya setitik air.

cara-mengatasi-klakson-mobil-mati

Cara Mengatasi Klakson Mobil Mati

Berikut ini adalah cara mengatasi klakson mobil mati yang dapat dilakukan dengan mudah.

Advertisement
  1. Cari penyebab klakson mobil mati terlebih dahulu. Klakson mobil yang mati dapat disebabkan baut pengatur pada plat metal klakson mengendor, induksi yang ada pada kawat lilitan klakson lemah, metal kontraktor aus dan metal kontraktor kotor.
  2. Lepaskan dudukan klakson.
  3. Periksa bagian pengatur baut plat metal klakson. Pengatur baut metal klakson yang terpasang kurang pas atau kendor harus diperbaiki. Atur baut pada posisi yang pas dan sesuai dengan cara memutar baut ke arah kanan dan kiri. Saat melakukan penyetelan klakson ini harus dihubungkan dengan accu untuk memperoleh arus listrik.
  4. Buka baut yang mengikat bodi klakson. Perhatikan baik-baik agar baut tidak tertukar atau tercecer.
  5. Periksa metal kontraktor. Metal kontraktor yang terlihat hangus atau putih berarti kotor. Bersihkan metal kontraktor menggunakan amplas dan gosok hingga bersih. Setelah bersih dan dipasangkan kembali kemudian diperiksa dengan cara dialiri arus. Apabila terdapat getaran maka matinya klakson mobil disebabkan oleh kotoran pada metal kontraktor.
  6. Menutup dan mengencangkan baut pada bagian pengikat klakson. Untuk melakukan pengecekan harus dialiri dengan arus listrik. Apabila klakson mobil belum berbunyi maka baut pengatur dapat diputar-putar untuk memperoleh bunyi yang pas. Posisi plat metal klakson harus benar-benar pas agar memperoleh bunyi.

Sebenarnya cCara Mengatasi Klakson Mobil Mati sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri. Hanya dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Dengan memperbaiki klakson mobil sendiri dapat menghemat biaya hingga jutaan rupiah karena harga klakson yang baru sangat mahal.

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Klakson Mobil Mati Dengan Mudah | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5