Cara Mengatasi Karburator Banjir Pada Motor

Cara Mengatasi Karburator Banjir Pada Motor – Walaupun teknologi sekarang pada kendaraan bermotor sudah mulai beralih dari karburator ke teknologi injeksi, akan tetapi pengguna motor dengan sistem karburator masih tergolong banyak. Motor-motor dengan tahun produksi lama biasanya masih menggunakan karburator. Karburator sendiri adalah pencampuran bahan bakar dengan udara sehingga menghasilkan kabut lalu selanjutnya akan dibakar di ruang silinder mesin.

Nah jika anda pemilik motor dengan sistem karburator pastinya anda pernah mengalami yang namanya karburator banjir, yaitu bensin yang ada didalam karburator tersebut meluap sehingga motor menjadi mogok tidak bisa menyala. Lalu apa saja yang menjadi penyebab terdainya karburator banjir ini dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Silahkan membaca informasinya dibawah ini secara lengkap.

cara mengatasi karburator banjir dengan mudah

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Penyebabnya adalah pada “Need Valve” yang mengalami masalah yaitu ketika menutup tidak bisa sempurna sehingga ada bahan bakar yang bocor.  Jika anda melihat biasanya dibawah karburator ada ruang pelampung, yang kegunaanya untuk menampung bahan bakar sementara sebelum dilakukan pembakaran. Nah kerja Need Valve inilah yang mengatur aliran bensin dari tangki bensin ke bagian karburator.

Advertisement

Pada saat diruang pelampung bahan bakar mulai berkurang, maka need valve akan membuka sehingga terjadi aliran bensin dari tangki ke pelampung. Harunnya need valve ini menutup dengan rapat ketika pelampung sudah terisi penuh, tetapi need valve ini bermasalah tidak bisa menutup penuh sehingga bahan bakar akan membanjiri pada karburator. Nah, untuk cara mengatasi cara mengatasi karburator banjir tersebut  anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Lepas karburator dari silinder head dengan melepas bautnya, lepas juga pada kabel gas dan kabel cuk.
  2. Jangan lupa juga melepas filter udara
  3. Jika semua sudah terlepas, maka langkah selanjutnya bongkar pada bagian empat baut yang ada pada bagian bawah karburator.
cara mengatasi karburator banjir

cara mengatasi karburator banjir

  1. Jika sudah, anda akan menemukan ruang pelampung yang berbahan plastik.
  2. Selanjutnya, lepas pelampung tersebut dengan menarik pada bagian sindiknya, nantinya pelampung akan terlepas bersama need valve.
  3. Bengkokan logam yang berada pada dudukan need valve
  4. Setelah itu pasang kembali dengan melakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk pada selang bensin dan gerakan pelampung kearah atas dan bawah.
  5. Langkah terakhir pastikan need velve keadaan terbuka dan pelampung berada dibawah.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk cara mengatasi karburator banjir. Selamat mencobanya dirumah semoga berhasil.

Terima kasih

TAG

menyalakan motor karbu banjir

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Karburator Banjir Pada Motor | Eril Obeit Choiri | 4.5