Cara Mengatasi Baut Yang Dol atau Slek

Cara Mengatasi Baut Yang Dol atau Slek – Bagi anda yang gemar membongkar motor, pastinya akan membuka baut-baut yang ada pada motor anda. Memang kebanyakan motor menggunakan baut untuk banyak keperluan mulai dari menyambung, menggabungkan, mengencangkan dan lainya. Selain baut memang ada salah satu model dengan penguncian, tetapi model ini tidak bisa diterapkan kesemuanya seperti baut. Pastinya jika anda tidak hai-hati pasti akan mengalami yang namanya baut slek atau dol,yaitu dimana baut tidak bisa terpasang secara sempurna seperti keadaan normalnya

Baut yang paling rawan slek biasanya berada pada baut busi, pada pembuangan oli, cover CVT dan baut-baut lainya pada motor anda. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan trik model perbos, yaitu dengan memperbaiki lubang drat yang sudah rusak tersebut, tetpi dengan cara ini rawan terlepas sehingga malah membahayakan bagi anda sendiri.

cara mengatasi baut yang dol dengan mudah

Cara Mengatasi Baut Yang Dol

Cara megatasi baut yang dol paling aman yaitu dengan menggunakan cara recoil, yaitu dengan mengisi pada bagian drat yang dol tersebut dengan pir baja yang nantinya akan menjadi drat baru mengantikan drat lama yang sudah rusak. Per baja tersebut akan bisa mengunci dengan kuat pada drat yang telah rusak tersebut seperti normalnya.

Advertisement

Kelebihan menggunakan sistem recoil ini adalah material yang berada dibagian sekitarlubang drat menjadi tidak terlalu tipis. Contohnya jika lubang drat adalah 10mm dengan menggunakan sistem perbos maka lubang tersebut harus dibesarkan menjadi 12mm, tetapi dengan sistem recoil anda cukup membesarkanya 11mm saja. Patokan yang digunakan adalah diameter dari lubangnya bukan dari diameter kepada bautnya.

cara mengatasi baut yang slek dengan recoil

cara mengatasi baut yang slek dengan recoil

Untuk cara recoil ini bisa anda terapkan untuk kesemua baut yang mengalami slek. Biasanya biaya yang dikeluarkan untuk satu baut kira-kira 25 ribu untuk tiap bautnya, jika lebih dari satu mungkin harganya akan lebih murah.  Baut yang bisa diperbaiki ukuranya minimal 6mm keatas saja. Untuk pengerjaan satu lubang drat yang slek kira-kira membutuhkan waktu 5 menit saja.

Bagaimana apakah anda sudah jelas? Untuk selanjutnya usahakan agar lebih berhati-hati saat membuka ataupun menutup baut saat bongkar pasang pada motor anda. Walaupun perkara slek memang sepele tetapi kalau tidak ditangani malah menjadi masalah yang besar untuk anda. Demikian tips tentang cara mengatasi baut yang dol atau slek. Semoga bermanfaat untuk anda.

Terima kasih.

TAG

cara membuka baut yang dol pada motor,cara mengatasi baut dol,cara memperbaiki baut slek,cara memperbaiki baut cover cvt yang dol,meperbaiki drat filter udara dol,cara mengatasi baut slek,cara mengatasi baud selek,cara membuka bau cvt yang selek,cara memperbaiki baut dol#scso=uid_WPhhKgAOa9sKj0sROgfBUw_1:288,cara membukabaut cvt slek#spf=1

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Baut Yang Dol atau Slek | Eril Obeit Choiri | 4.5