Cara Mengatasi Alarm Mobil Bunyi Terus

IKLAN

Cara mengatasi alarm mobil bunyi terus yang pertama kali diperiksa yaitu modul remote yang sensor getarnya terlalu sensitive. Bagian ini sering dialami oleh para pemiliki mobil sehingga perlu diatur level kesensitifannya. Bila solusi belum terpecahkan, berarti perlu penggantian modul remote. Penyebab lainnya bisa pula karena sensor pintu maupun saklar pintu tidak dalam kondisi bagus karena bagian pintu ini saat dibuka tak menerapkan remote.

Alarm mobil berbunyi terus sering dialami oleh pemilik mobil di mana pun berada. Baik di mall, kantor, atau kompleks rumah. Hal ini jelas sangat begitu mengganggu. Akibat dari alarm bunyi yang terus menyala, kondisi aki bisa tekor atau cepat habis. Pada kebanyakan kasus karena pemakaian sensor getar alarm. Prinsip kerjanya, alarm akan berbunyi bila ada getaran yang berada di dekat mobil.

cara mengatasi alarm mobil bunyi terusCara Mengatasi Alarm Mobil Bunyi Terus

IKLAN

Seringkali ditemukan sensor getar yang disetel terlalu sensitive yang mengakibatkan ada getaran karena motor lewat atau suara petir akan memicu alarm aktif berbunyi. Semua permasalahan ini tergantung pada kepekaan sensor getar saat akan menangkap getaran pada frekuensi rendah. Bagian module remote mobil dilengkapi dengan sensor getar yang akan mengatur kepekaan sensor, baik secara terpisah atau yang ada di bagian dalam modul remote. Kadang ditemukan juga setelan kepekaan sensor getar yang sudah berada di level minimal, tapi kepekaan tetap tak berubah.

Cara mengatasi alarm mobil bunyi terus seperti ini, sebaiknya diperiksa dulu modul remote tersebut. Bila ternyata setelan sudah berada di level minimal, tapi sensitifitas dan kepekaan tak juga berkurang, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

  1. Gantilah modul remote baru, tapi dengan nomor part yang sama. Hal ini dimaksudkan supaya tak mengubah jalur kabel alarm yang telah terpasang.
  2. Mengganti modul remote yang banyak tersedia di pasaran variasi mobil, tapi dengan konsekuensi harus melakukan perubahan pada jalur-jalur kabel mobil.
  3. Ini cara yang terakhir yang bisa dilakukan dan banyak dipraktekkan yaitu terpaksa menon-aktifkan sensor getar, tapi membiarkan fungsi alarm tetap bekerja.
IKLAN

Untuk cara mengatasi alarm mobil bunyi terus yang disebabkan oleh sensor pintu biasanya disebabkan oleh switch pintu, switch bagasi atau saklar kap mesin alami kerusakan. Bila swtch dalam kondisi terhubung terus akan menyebabkan alarm bunyi terus, walau pintu telah tertutup. Solusinya periksa soket switch yang menghubungkan antar pintu dan bagasi, lalu dibuka.

IKLAN

TAG

alarm mobil bunyi terus,cara mengatasi alarm mobil bunyi terus

Artikel Terkait

IKLAN
Cara Mengatasi Alarm Mobil Bunyi Terus | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5