Cara Memperbesar Pengapian Motor Mudah dan Ampuh

Cara Memperbesar Pengapian Motor Mudah dan Ampuh – Motor bisa berjalan pastinya didalam mesin terjadi proses pembakaran bahan bakar yang menghasilkan tenaga pada motor. Nah dari proses pembakaran ini pastinya ada pengapian awal yang memulai terjadinya semua proses ini, sehingga proses pengapian yang ada pada motor sangatlah penting adanya. Jika pengapian motor ini mengalami masalah pastinya motor akan mogok tidak bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Pengapian standart yang ada pada motor sebenarnya sudah mencukupi untuk kegiatan sehari-hari. Tetapi ada beberapa orang yang merasa masih kurang dengan pengapian standart yang ada pada motor mereka, sehingga mereka ingin memperbesar pengapian yang ada pada motor mereka agar didapatkan tenaga yang lebih besar. Jika anda sudah memperbesar pengapian yang ada pada motor anda maka pada ukuran spuyer normal harus dinaikan agar mencegah terjadinya masalah pengapian yang kering sehingga berakibat piston menjadi bolong.

cara memperbesar pengapian motor

Cara Memperbesar Pengapian Motor

Advertisement

Untuk motor standart jika ingin memperbesar cukup menaikan kapasitornya dengan kapasitor 4.7 uF. Kapasitor sendiri adalah komponen elektronika yang banyak terdapat pada tape, radio, TV yang memiliki bentuk memiliki 2 kaki panjang (+) dan pendek (-). Bentuk dari kapasitor sendiri berbentuk tabung dengan kaki berada pada bawahnya.

Untuk langkah menyambungkannya bisa mengikuti cara-cara dibawah ini :

  • Sambungkan ke bagian kaki yang pendek (negatif) dengan kabel yang berasal dari CDI.
  • Untuk yang kaki panjang (positif) sambungkan langsung ke KOILnya.

Ada cara lain untuk memperbesar pengapian sepeda motor dengan model Ground Strap yaitu dengan memaksimalkan pada bagian kerja koil, untuk langkah-langkahnya dibawah ini :

  1. Buka dahulu pada bagian koil
  2. Jika kabel tembaga pada koil masih terbungkus, maka kupas terlebih dahulu
  3. Selanjutnya lilitkan kabel tembaga menuju ke sepanjang kabel busi secara rapat

memperbesar pengapian pada motor

  1. Salah satu bagian ujungnya bisa dibuat untuk dudukan koil tersebut
  2. Ujung yang lain usahakan jaraknya rada jauh dengan bagian paud busi
  3. Terakhir, bungkus semua kabel tadi dengan solatip secara rapat.

Nah demikian pembahasan mengenai cara memperbesar pengapian motor. Anda bisa menggunakan yang model penambahan kapasitor atau menggunakan model Ground Strap, keduanya sama-sama bisa memperbesar pengapian pada motor anda. Semoga anda tidak kesulitan melakukanya sehingga tidak usah datang ke bengkel. Selamat mencoba.

Terima kasih

TAG

memperbesar pengapian motor neotech,cara mendokrak pengapian motor,gambar cara memperbesar pengapian,cara mengopling motor astrea800,cara menambah pengapian di koil yang ampuh,cara memperbesar pengapian motor yang manjur,cara memperbesar pengapian motor jupiter z,cara memperbesar pengapian motor dengan kapasitor,cara memperbesar pengapian,trik tambah pengapian motor

Artikel Terkait

Cara Memperbesar Pengapian Motor Mudah dan Ampuh | Eril Obeit Choiri | 4.5