Cara Memperbaiki Body Mobil Penyok Ringan Mudah

Bagaimanakah cara memperbaiki bodi mobil penyok? Asalkan tingkat penyoknya terbilang ringan, masih bisa dilakukan sendiri. Lain halnya kalau tingkat penyoknya sudah terbilang berat. Mau tidak mau harus dibawa ke bengkel. Uraian selanjutnya akan lebih banyak mengulas cara memperbaiki bodi penyok ringan dan tidak merusak cat. Caranya sangat praktis dan simple. Hasilnya begitu efektif dan maksimal dalam mengembalikan bodi mobil penyok seperti sedia kala.

Prinsip kerja dasarnya memanfaatkan proses pemuaian benda metal. Penasaran? Seperti apakah cara memperbaiki body mobil penyok?

  1. Alat pengering rambut (hair dryer) dan karbondioksida cair. Untuk memperoleh karbondioksida cair bisa diperoleh di toko penjual bahan-bahan kimia. Sedangkan alat hair dryer tentu Anda sudah memilikinya.
  2. Panaskan body mobil pada bagian yang penyok dengan memakai alat hair dryer. Tak perlu terlalu lama, cukup sampai terasa panas saja.
  3. Setelah itu langsung saja semprotkan cairan karbondioksida ke bagian bodi mobil yang penyok.
  4. Amati reaksi selanjutnya, bodi mobil penyok akan kembali seperti semula.

cara memperbaiki body mobil penyok

Advertisement

Cara Memperbaiki Body Mobil Penyok Ringan

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Akibat adanya perubahan suhu secara mendadak dari panas ke dingin sampai 109 derajat Celcius akan menimbulkan gaya dorong terhadap bodi mobil. Dari yang semula cekung karena penyok, dengan segera bergerak ke arah luar hingga akhirnya kembali ke bentuk semula. Reaksi seperti ini hanya berlaku untuk kondisi penyok dengan area sangat kecil dibandingkan dengan luasan permukaan bodi mobil keseluruhan. Untuk bodi penyok mobil yang berat jelas tak akan bisa.

Cara lainnya hampir sama saja, cukup sediakan hair dryer dan compressed air. Caranya:

  1. Panaskan bagian body mobil penyok ringan dengan hair dryer selama beberapa menit (cukup 3-5 menit saja).
  2. Selanjutnya, semburkan udara dari compressor secara merata pada bagian body mobil yang penyok. Selanjutnya, tinggal lihat proses pemulihannya.

Cara yang terakhir menggunakan produk khusus yang disebut Pops-a-Dent. Caranya hanya dengan merekatkan dan memutar saja, lalu dilihat reaksinya. Prinsip kerjanya, mendistribusikan tekanan secara merata ke seluruh bagian bodi mobil untuk mencegah resiko kerusakan lengkungan atau kerusakan lainnya.

Ingat ya, cara memperbaiki body mobil penyok di atas hanya untuk yang berskala ringan saja dan tak sampai cat terkelupas. Bila cat terkelupas atau bagian pelat metal terlihat, cara di atas tidak bisa diterapkan. Selamat mencoba.

TAG

alat untuk memperbaiki bodi penyok,cara mengembalikan bodi mobil yang penyok

Artikel Terkait

Cara Memperbaiki Body Mobil Penyok Ringan Mudah | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5