Cara Membuka Baut Yang Patah Dengan Mudah

Cara Membuka Baut Yang Patah Dengan Mudah – Baut yang patah dapat membuat stres saat membukanya. Meskipun berusaha membuka dengan sekuat tenaga tetapi baut tersebut tidak kunjung lepas. Namun tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara membuka baut yang patah dengan mudah. Untuk membuka baut patah biasanya akan dibawa ke bengkel karena peralatan bengkel lebih lengkap dan memiliki keahlian perbautan. Tetapi jika tidak dapat dibawa ke bengkel tetap masih bisa membuka baut yang patah sendiri.

Berikut ini adalah beberapa cara membuka baut yang patah dengan mudah.

  1. Menggunakan peralatan.

Peralatan yang digunakan untuk membuka baut patah yaitu screw extractor. Agar lebih mudah membuka baut patah dapat dibantu dengan bor untuk melubangi baut. Pasang alat screw extractor dengan ukuran sesuai pada baut kemudian putar ke arah membuka baut seperti biasa. Peralatan screw extractor ini sangat membantu jika terjadi kondisi baut patah yang sulit dibuka.

cara membuka baut yang patah dengan mudah

Cara Membuka Baut Yang Patah

Advertisement
  1. Tanpa menggunakan peralatan.

Membuka baut yang patah juga dapat dilakukan tanpa menggunakan peralatan. Untuk membantu membuka baut patah tanpa peralatan hanya membutuhkan cairan penghilang karat seperti WD-40, oli atau cairan licin lainnya. Caranya sangat mudah. Semprotkan cairan penghilang karat, oli atau cairan licin ke bagian baut yang patah. Penyemprotan ini dilakukan agar baut menjadi licin sehingga mudah untuk dilepaskan. Usahakan untuk dapat meraih ujung baut yang patah. Berikan lem yang cepat kering ke ujung baut tersebut. Tunggu hingga lem kering. Setelah lem kering tinggal melepas baut dengan kunci pas.

  1. Melonggarkan baut.

Melepas baut yang patah dapat dilakukan dengan cara melonggarkan baut. Pukul bagian tengah kepala baut menggunakan alat keras seperti pahatan, pukulan atau kunci pas. Pukul dengan keras ke arah depan. Pukulan tersebut dapat melonggarkan tautan baut sehingga baut yang patah akan terlepas dengan mudah.

  1. Metode pemanasan.

Metode ini berdasarkan prinsip pemanasan dapat mengembangkan logam. Caranya, panaskan bagian kepala baut hingga logam baut memerah. Tunggu hingga logam baut dingin. Setelah dingin logam akan mengalami proses kontraksi dan baut yang patah dapat dilepas dengan mudah. Lepaskan baut patah menggunakan kunci pas untuk membantu melepaskan baut patah.

Demikian beberapa Cara Membuka Baut Yang Patah dengan mudah. Melepaskan baut yang patah membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Baut yang patah harus dilepaskan secara perlahan dan tidak boleh terburu-buru agar tidak semakin menyangkut ke dalam.

TAG

alat pembuka baut patah,cara melepas baut patah,cara membuka baut yang patah,cara melepas baut patah di dalam,cara buka baut patah,alat pencabut baut yang patah,cara membuka baut patah,Cara mengambil baut yang patah,cara melepas baut yang patah di dalam,cara membuka baut yang patah didalam

Artikel Terkait

Cara Membuka Baut Yang Patah Dengan Mudah | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5