Cara Membuat Lampu Hazard di Motor dengan Mudah

Cara Membuat Lampu Hazard di Motor dengan Mudah – Fitur lampu hazard memang belum banyak ada pada motor-motor berkapasitas kecil, tetapi untuk motor berkapasitas besar biasanya sudah ada apalagi untuk mobil lampu hazard ini menjadi fitur yang wajib ada. Lampu ini sebenarnya menandakan keadaan siaga ataupun saat keadaan darurat seperti pada ambulance.

Letak lampu hazard pada mobil biasanya berada dibagian dashboard dengan dengan pengemudi yang memiliki warna merah dengan gambar segitiga biasanya. Untuk pada sepeda motor kebanyakan belum ada lampu hazard ini, tetapi banyak para rider terutama bagi yang suka touring ataupun ikut klub motor memodifikasi dengan memabah lampu hazard yang ada pada motornya. Tujuan menggunakan lampu hazard ini nantinya saat touring atau bepergian jauh bersama rombongan.

cara membuat hazard pada motor dengan mudah

Lampu hazard pada motor ini juga sama dengan mobil, dimana kedua lampu sein depan dan belakang menyaka bersama-sama.  Caranya sebenarnya hanya mengabungkan antara kabel sein kanan dan kiri, setelah dihubungkan anda diwajibkan untuk menganti flasher bawaan karena jika dipaksakan maka tidak akan kuat menyalakan 4 lampu secara sekaligus. Flasher sendiri memiliki fungsi untuk menyambungkan atau memotong arus listrik yang mengalir ke sein saat berkedip. Untuk cara membuatnya tergolong mudah saja sebenarnya, untuk langkah-langkahnya bisa disimak dibawah ini :

Advertisement

Alat dan bahan yang diperlukan :

  • Flasher mobil

cara membuat lampu hazard di motor

  • Kabel baru
  • Saklar
  • Solatip
  • Obeng lengkap

Langkah pembuatanya :

  1. Buka terlebih dahulu pada bodi samping motor anda untuk mencari dimana flasher berada.
  2. Nah jika sudah ketemu, anda tinggal mengantinya dengan flasher mobil yang sudah disiapkan tadi.
  3. Pada flasher mobil tersebut terdapat tiga kaki, untuk dua kaki dapat anda sambungkan ke bagian soket dan satu kaki sisanya anda sambungkan ke kabel bodi motor.
  4. Setelah terpasang, coba nyalakan sein, jika benar maka kedipan lampu sein akan lebih cepat dari biasanya.
  5. Untuk membuat lampu hazard, anda harus membongkar pada bagian batok kepala motor anda dan carilah kabel positif pada kedua lampu sein kanan dan kiri.
  6. Jika sudah ketemu dan disambungkan, maka anda tinggak menyambungkanya ke bagian saklar yang sudah disiapkan tadi untuk lampu hazard.
  7. Selesai

Nah, sekarang pembuatan lampu hazard pada motor anda sudah selesai. Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya? Semoga pembahasan tentang cara membuat lampu hazard di motor bermanfaat untuk anda.

Terima kasih

TAG

cara membuat lampu hazard pada motor jupiter z,cara membuat lampu hazard sederhana pada motor,cara membuat lampu hazard sederhana,aplikasi lampu hazard di motor perlukah,cara membuat hazard sederhana,bahan bahan untuk membuat lampu hazard,cara buat lampu hazard di vixion,cara bikin lampu hazard di jupiter z,cara bikin flaser touring jupiter z,skema lampu hazard paling gampang

Artikel Terkait

Cara Membuat Lampu Hazard di Motor dengan Mudah | Eril Obeit Choiri | 4.5