Cara Membuat Charger Aki Otomatis Sederhana

Cara Membuat Charger Aki Otomatis Sederhana – Aki merupakan salah satu komponen yang penting yang ada pada motor selain bahan bakar. Apalagi kebanyakan motor sekarang banyak yang menggunakan teknologi injeksi dimana sistem kelistrikan berperan penting untuk mengendalikan ECU (Electronic Control Unit) , ECU ini sangat bergantung kepada aki, jika sampai supplay lemah atau bahkan mati maka dipastikan motor anda tidak bisa digunakan alias mogok.

Untuk menghindari dari aki lemah ataupun aki mati, mungkin anda bisa mencoba untuk melakukan charger aki pada motor anda secara otomatis. Mungkin anda berfikir-fikir memang bisa aki dicharger secara otomatis? Jawabnya bisa, karena memang aki memiliki jumlah sel yang lebih dari satu sehingga masi bisa menyimpan daya listrik. Anda cukup melakukanya dengan menyambungkan pada bagian kutub (+) ke bagian charger kutub (+) dan bagian (-) ke bagian charger (-).

Cara Membuat charger aki dengan mudah

Cara Membuat Charger Aki Sederhana

Yang perlu diperhatikan, usahakan saat mencharger aki menggunakan daya yang tertera pada aki itu sendiri, jangan menggunakan arus yang besar karena berakibat tidak baik untuk aki itu sendiri. Untuk waktu pengisian juga diperhatikan jangan terlalu lama karena itu nanti juga tidak baik untuk daya tahan sel yang ada pada aki. Lebih baik menggunakan arus yang kecil tetapi waktunya sedikit lama, untuk hitung-hitunganya bisa dilihat dibawah ini untuk mencharger aki :

rumus cas aki - elektronikdot.blogspot.co.id

rumus cas aki – elektronikdot.blogspot.co.id

Berikut cara membuat charger aki otomatis secara sederhana yang bisa anda praktekan sendiri dirumah.

Komponen yang dibutuhkan :

Advertisement
  • Transformator CT 3A
  • Penyearah dengan 2 dioda
  • Lampu LED indikator
  • Tegangan 15 V

Skema yang ada dibawah ini menggunakan sistem tanpa pemutus arus otomatis, sehingga jika aki sudah penuh maka akan tetap dicharge sampai anda melepasnya.

Skema charger aki sederhana tanpa pemutus arus - elektronikdot.blogspot.co.id

Skema charger aki sederhana tanpa pemutus arus – elektronikdot.blogspot.co.id

Menggunakan ELCO sebagai filter dan LED indikator - elektronikdot.blogspot.co.id

Menggunakan ELCO sebagai filter dan LED indikator – elektronikdot.blogspot.co.id

Bagi anda yang ingin menggunakan sistem pemutus arus otomatis saat aki terisi penuh, sehingga aki anda akan lebih sehat sehingga masa usia pakainya bisa lebih tahan lama. Untuk pemutusnya menggunakan Relay, anda tinggal menambahkan rangkaian dibawah ini setelah output adaptor aki yang sudah dibuat sebelumnya.

Dengan Relay pemutur arus otomatis - elektronikdot.blogspot.co.id

Dengan Relay pemutur arus otomatis – elektronikdot.blogspot.co.id

Bagaimana sudah paham atau belum tentang cara membuat charger aki otomatis. Jika anda tidak paham tentang masalah elektronika dan kelistrikan, maka anda cukup membawa gambar tersebut ke ahlinya untuk dibuatkan. semoga bermafaat.

Terima kasih

TAG

cara membuat cas aki otomatis sederhana,cara membuat charger aki otomatis sederhana,rangkaian charger aki otomatis dengan relay pemutus,skema charger aki terbaru,cara membuat charger aki otomatis,bahan membuat casan aki motor sederhana,cara membuat cas aki otomatis,buat charger aki sendiri,cara membuat casan aki otomatis

Artikel Terkait

Cara Membuat Charger Aki Otomatis Sederhana | Eril Obeit Choiri | 4.5