Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Sendiri

Cara membersihkan saringan udara motor perlu dilihat jenis filternya. Bila saringan udara motor terbuat dari busa, untuk membersihkannya memakai solar. Sedangkan untuk saringan udara yang terbuat dari kertas, pembersihannya cukup dengan cara menyemprotkan angin. Perawatan saringan udara atau filter memang penting karena akan membuat motor tetap melaju dengan kencang dan mulus.

Keberadaan filter atau saringan udara sangat penting untuk menjaga performa mesin motor. Bila sampai tak terawatt atau rusak dikhawatirkan kotoran yang berasal dari udara akan memasuki bagian dalam mesin seperti piston atau silinder yang bisa membuat pergerakan mesin tak lancar bahkan mudah mati.

cara membersihkan saringan udara motor

Cara membersihkan saringan udara motor perlu diketahui dulu jenis flternya, yaitu:

Advertisement
  1. Tipe konvensional

Filter ini terbuat dari bahan busa. Tipe filter yang biasa dijumpai pada sepeda motor tahun produksi lawas (sebelum tahun 2005). Untuk perawatannya, cukup dengan menyiram atau merendam ke dalam campuran air dan sabun. Selanjutnya tinggal dikeringkan di bawah sinar matahari atau dengan penyemprotan bertekanan tinggi. Untuk memperoleh hasil maksimal. Bisa dlapisis dengan oli dan ratakan untuk bisa menangkap kotoran. Bila busa sudah mengeras, pori-pori sudah terlihat tak rapat lagi, filter perlu diganti yang baru.

  1. Filter kertas (kering)

Untuk filter jenis ini, dimensinya agak lebih tebal. Sering disebut juga flter “dry element”, yaitu memiliki bahan lebih tebal sehingga tak cepat rusak untuk menyaring udara. Cara pembersihannya, cukup semprot dengan udara bertekanan tinggi dari arah berlawanan dengan arah udara masuk. Filter jenis ini perlu diganti tiap kelipatan 8.000 km.

  1. Filter kertas (basah)

Jenis saringan udara ini biasa terdapat pada sepeda motor matic atau sepeda motor yang tahun produksinya di atas tahun 2014. Tampilan flter sama dengan tampilan filter kertas kering. Namun, bila diraba akan terasa ada semacam lapisan pelumas khusus yang berfungsi menangkap kotoran. Untuk filter tipe ini tak boleh dicuci dan jangan sekali-kali mencucinya. Pembersihan dan perawatan filter ini cukup dipukul-pukul ringan saja. Setiap kelipatan 15.000 km, filter kerta (basah) in sebaiknya diganti dengan yang baru.

Cara membersihkan saringan udara motor untuk ketiga tipe di atas sebenarnya bisa saja diolesi dengan oli. Cukup diolesi dengan oli encer yang baru dan tidak usah sampai basah kuyup. Itu bila tak ada minyak khusus untuk membersihkan filter motor kesayangan Anda.

TAG

cara membersihkan saringan udara jenis elemenkertas

Artikel Terkait

Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Sendiri | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5