Cara Memasang Rantai Keteng / Kamrat Sendiri

Cara Memasang Rantai Keteng / Kamrat Sendiri – Rantai keteng atau kamrat merupakan salah satu komponen penting terutama dalam motor 4 tak. Rantai keteng sangat penting keberadaannya sebab mampu menghubungkan dua komponen dalam motor yang nantinya dapat membuat motor tersebut. Komponen dalam motor yang dihubungkan dengan rantai keteng ini adalah kruck as yang terletak di bak mesin dengan noken as yang terletak pada kop silinder motor. Untuk menggunakan rantai ini, penting sekali untuk anda mengetahui terkait cara memasang rantai keteng/ kamrat agar tidak perlu membawanya ke bengkel jika terjadi sesuatu. Rantai keteng ini perlu dipasang dengan benar agar motor anda dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Cara mudah memasang rantai keteng/ kamrat

Ada beberapa langkah yang harus anda tempuh dalam menerapkan cara memasang rantai keteng/ kamrat ini. Pastikan bahwa posisi mesin berada pada kondisi top. Dengan demikian anda akan semakin mudah dalam memasang rantai keteng/ kamrat untuk motor anda. Ketika posisi mesin sudah berada pada posisi top, lanjutkan dengan memasang secara manual rantai keteng/ kamrat yang pastinya sudah anda persiapkan sebelumnya. Pasang dengan hati-hati dan teliti, sebab ketika tidak dipasang secara benar, mesin motor akan sulit untuk dihidupkan. Setelah anda memasang dengan benar rantai keteng/ kamrat, anda dapat melakukan pengecekan setelan klep.Jika diperlukan anda dapat melakukan stel ulang untuk klep motor anda.

Cara Memasang Rantai Keteng Kamrat Sendiri

Advertisement

Sebenarnya dengan memperhatikan cara memasang rantai keteng ini anda dapat mempraktekkannya sendiri di rumah, namun demikian jika anda khawatir tidak dapat memasang dengan benar, maka anda dapat menggunakan jasa bengkel untuk membantu memasangkan rantai keteng/ kamrat baru untuk motor kesayangan anda. Meskipun anda harus merelakan beberapa lembar rupiah untuk membayar jasa pemasangan rantai keteng/ kamrat ini, namun dijamin pemasangannya benar karena dilakukan oleh tenaga ahli.

Cara mudah melepas rantai keteng/ kamrat

Selain cara memasang rantai kamrat, kami juga akan sampaikan terkait cara mudah melepas rantai keteng/ kamrat untuk anda. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa posisi mesin berada pada top. Jangan mengubah posisi top ini ketika hendak memasang rantai keteng. Untuk mengetahui tanda bahwa mesin berada pada posisi top, anda harus memutar magnet ke arah kiri sebanyak dua kali putaran. Setelah itu bukalah tutup tanda top yang terletak pada bak magnet. Posisi top akan didapatkan ketika huruf T letaknya sejajar dengan garis pada bak magnet.

Anda dapat melanjutkan cara melepas rantai keteng/ kamrat dengan membuka tutup gigi atau gear timing yang ada pada kop silinder. Pastikan bahwa titik gear sejajar dengan garis pada kop silinder. Setelah itu anda baru dapat membuka tutup klep. Ketika mesin sudah pada posisi top, seharusnya roker arm pada kedua sisi tidak menekan klep, sementara jika masing-masing menekan klep, dapat dipastikan posisi top belum sempurna. Jika benar-benar sudah berada dalam posisi top, anda dapat melepas bak magnet serta gear starter dan beberapa komponen lainnya. Lanjutkan dengan melepas baut pada gera timing dan lepaskan rantai keteng. Dengan begitu lengkap sudah pengetahuan anda mengenai cara memasang rantai keteng/ kamrat dan melepasnya.

Nah demikian sudah penyampaian singkat kami terkait cara memasang rantai keteng/ kamratbeserta cara melepaskan sekalian. Semoga dengan pembahasan ini pengetahuan anda mengenai otomotif bertambah dan tentunya bermanfaat untuk anda sekalian.

Cara memasang rantai keteng/ kamrat dapat dilakukan sendiri di rumah ketika anda mengetahui langkah-langkahnya yang benar dan tepat.

TAG

cara memasang rantai keteng motor mio,cara ganti rantai keteng mio,cara memasang rantai keteng suzuki smash,cara bongkar rante keteng mio,cara memasang rantai keteng,cara memasang rantai keteng jupiter z,Cara memasang rantai keteng mio,Kamrat,cara mengganti rantai keteng mio,cara mengganti rantai keteng yamaha mio

Artikel Terkait

Cara Memasang Rantai Keteng / Kamrat Sendiri | Neng Gina Nurhidayati | 4.5