Cara Memasang Alarm Motor Sendiri Tanpa ke Bengkel

Cara Memasang Alarm Motor Sendiri Tanpa ke Bengkel – Saat ini pemilik motor harus waspada dan berhati-hati dengan pencurian motor. Pencuri motor sekarang sudah sangat pintar dan tidak pandang bulu. Bahkan pencuri berani mengambil motor meskipun dalam keramaian. Salah satu cara untuk mencegah pencurian motor adalah dengan memasang alarm di sepeda motor. Cara memasang alarm motor sebenarnya sangat mudah. Sebagian orang pasti akan memilih melakukan pemasangan alarm motor di bengkel karena khawatir jika tidak sesuai dan malah merusak komponen kendaraan. Tetapi jika mau telaten dan bersabar pasti bisa memasang alarm motor sendiri.

Sebelum melakukan pemasangan alarm motor harus mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Diagram skema dan fungsi tiap kabel harus dipahami dulu. Untuk mengetahui sistem kerjanya dapat menggunakan bantuan avometer atau accu. Untuk faktor keselamatan sebaiknya pada saat pemasangan alarm motor sebaiknya accu dilepas terlebih dahulu agar tidak ada konektor.

cara memasang alarm motor

Cara Memasang Alarm Motor Sendiri

Advertisement

Berikut ini adalah cara memasang alarm motor dengan mudah yang dapat dilakukan sendiri.

  1. Bahan yang dibutuhkan yaitu kabel, soket relay, relay 4 kaki dan saklar. Peralatan yang dibutuhkan yaitu solder, timah, gunting, tang, lakban dan isolasi kabel.
  2. Pilih area yang akan dipasang saklar alarm. Usahakan memilih bagian yang sukar dijangkau oleh orang lain namun mudah dijangkau oleh pemilik motor.
  3. Kabel negatif CDI pada motor dipotong dengan menggunakan tang.
  4. Kabel negatif CDI yang sudah dipotong tadi kemudian disambungkan pada saklar alarm kaki 3. Posisi dari masing-masing kaki harus benar-benar diperhatikan. Kabel yang menghubungkan CDI ke saklar dipasang di kaki nomer 1 pada bagian pinggir. Kabel potongan CDI ke bodi dipasang di kaki nomer 2 pada bagian tengah. Sementara pemasangan kabel ke klakson di kaki nomer 3 bagian pinggir dilakukan nanti.
  5. Dilanjutkan dengan pemasangan relay. Relay dipasangkan pada soketnya. Kabel dari saklar alarm yang telah disiapkan dipasangkan dengan kaki nomer 86. Kemudian disambungkan dengan kabel negatif klakson yang berwarna hijau.
  6. Kaki nomer 30 dan kaki nomer 85 disambungkan menjadi satu. Kemudian disambungkan ke kabel positif klakson yang berwarna orange.
  7. Kabel merah di soket yang berwarna hijau pada kaki nomer 87 dipasangkan ke aki.
  8. Kabel tinggal dirapikan.
  9. Alarm telah terpasang dan motor lebih aman dari incaran pencurian.

Demikian Cara Memasang Alarm Motor yang dapat dilakukan dengan mudah dan tidak perlu dibawa ke bengkel. Mencegah lebih baik daripada menyesal di kemudian hari. Alarm motor dapat mencegah pencurian sepeda motor.

TAG

cara memasang relay pada cdi sepeda motor,cara memasang sendiri alarm sepeda motor,pasang alarm motor sendiri

Artikel Terkait

Cara Memasang Alarm Motor Sendiri Tanpa ke Bengkel | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5